Kedatangan Jemaah Haji Banyuwangi Diwarnai Tangis Haru Keluarga

Ardian Fanani - detikJatim
Selasa, 02 Agu 2022 16:57 WIB
Isak tangis warnai penyambutan jemaah haji asal Banyuwangi
Foto: Isak tangis warnai penyambutan jemaah haji asal Banyuwangi(Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Jemaah Haji asal Banyuwangi kembali ke tanah air. Kedatangan awal jemaah haji asal Banyuwangi disambut tangis haru keluarga.

Suasana tangis haru itu terjadi di Masjid KH Ahmad Dahlan. Penjemputan jemaah haji memang dipusatkan di masjid yang ebrada di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Taman baru, Banyuwangi

Kasi Haji Kemenag Banyuwangi Zaenal Abidin mengatakan rombongan yang baru tiba di kampung halaman itu merupakan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 24. Total jemaah haji berjumlah 35 orang.

"Total sekitar 35 orang jemaah haji yang datang. Alhamdulillah mereka sehat," ujar Zaenal, Selasa (2/8/2022).

Puluhan jemaah haji asal Banyuwangi ini landing dari Bandara Internasional Juanda sekitar pukul 21.35 WIB pada Senin (1/8/2022).

Rombongan jemaah haji itu selanjutnya melangsungkan pemeriksaan swab COVID-19 di Asrama Haji dengan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

"Sekitar pukul 02.00 WIB baru keluar dari asrama haji. Kemudian tiba di Banyuwangi sekitar pukul 10.30 WIB. Alhamdulilah lancar tidak ada halangan," terang Zaenal.

Zaenal menuturkan jemaah haji dari kloter 24 ini berangkat ke Tanah Suci pada 19 Juni 2022. Total jemaah haji asal Banywuangi yang berangkat ada 480 orang. Di antara jemaah haji tersebut, 1 jemaah dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci.

"Kepulangan ratusan jemaah haji asal Banyuwangi berikutnya, akan diberangkatkan pada tanggal 5 Agustus 2022. Saat ini masih berada di Madinah," tandas Zaenal.

Pantauan di lokasi, tangis haru dan bahagia terlihat di raut wajah jemaah haji dan keluarga yang sudah menunggu. Usai turun dari bus, jemaah dan keluarga yang menjemput saling berpelukan seraya meluapkan rasa haru.

"Senang banget, alhamdulillah pulang sehat," ungkap Hj Vita (32), asal Desa Jatirejo, Kecamatan Purwoharjo, saat menjemput salah satu keluarga yang baru tiba menunaikan ibadah haji.

Ungkapan bahagia serta syukur juga disampaikan seorang jemaah haji bernama H Atim Setiawan yang berangkat ke tanah suci bareng istrinya Hj Susiana.

Ia mengaku senang dan lega. Karena harus berpisah dengan keluarga untuk menjalankan ibadah ke Baitullah. Tangis haru tak bisa terbendung ketika Atim Setiawan dan istrinya baru turun dari bus, bertemu keluarga besar yang sudah menunggu.

"Senang luar biasa tidak bisa dikatakan dengan kata-kata pokoknya senang sekali sudah. Perasaan capek, kangen keluarga saya luapkan di sini. Alhamdulilah kami bisa menunaikan ibadah haji dan pulang dengan selamat," ucap jemaah haji asal Muncar ini.



Simak Video "Suasana di Padang Arafah Jelang Wukuf, Mulai Dipadati Jemaah"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)