Kabar Kesehatan

Transformasi Aria Permana yang Dulu Punya Bobot 192 Kg dan Kini Normal

Tim detikHealth - detikJatim
Senin, 25 Jul 2022 05:31 WIB
Tranformasi Aria mengikis berat badan semula yang mencapai 192 kilogram, hingga menjadi 87 kilogram.
Transformasi Aria Permana, Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth
Surabaya -

Masih ingat bocah bernama 'Aria Permana'? Pada Agustus 2016, bocah tersebut menuai perhatian dunia lantaran berat badannya mencapai 192 kilogram di usia 9 tahun. Baru-baru ini, anggota DPR RI membagikan foto terbaru Aria, berikut kondisinya kini dilansir dari detikHealth.

Foto tersebut dibagikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. Dalam foto yang diunggah ke akun Instagram @dedimulyadi71 pada Minggu (24/7/2022), Aria nampak bugar.

"Pada 12 Juli 2016 lalu, saya pernah menjenguk Arya Permana yang sedang mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung," ungkap Dedi dalam unggahannya.

"Berat badan Arya saat itu 190 kg. Kini saya membaca melalui media, ternyata badan Arya sudah kembali normal seperti anak-anak pada umumnya," sambungnya.

Pada Juli 2016, Aria ditangani 13 dokter di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Tim dokter tersebut terdiri dari dokter ahli gizi, kejiwaan, serta sejumlah dokter dengan berbagai spesialisasi.

Akibat bobot tubuhnya saat itu, Aria menjadi serba terbatas dalam bergerak. Aria juga sempat berhenti bersekolah lantaran kelelahan berjalan.

Setelah melalui beragam penanganan medis, ia beroleh bimbingan dari binaragawan Ade Rai untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Ade Rai tidak secara langsung membimbing Aria berolahraga, melainkan memberikan sejumlah alat penopang Aria agar aktif bergerak. Seperti bola, raket bulu tangkis, barbel, dan stamper.

Berkat bimbingan Ade Rai dan juga penanganan medis, berat badan Aria turun dari 193 kg menjadi 83 kg. Aria juga sempat menjalani operasi gelambir kulit untuk menghilangkan sisa gelambir pada sejumlah area tubuh seperti tangan, perut, dan dada.

"Anak itu tampak gagah berkaca mata dan ternyata ganteng juga. Sehat terus Nak, masa depan cerah menantimu. Selamat berhari minggu untuk semua netizen baik hati di manapun berada," beber Dedi lebih lanjut dalam unggahan Instagram-nya.



Simak Video "Cegah Obesitas Anak, Dokter Spesialis Sarankan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)