Mengenal Obesitas, Catat Definisi dan Faktor Penyebabnya

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 01 Jul 2022 15:42 WIB
ilustrasi obesitas
Ilustrasi obesitas/Foto: thinkstock
Surabaya -

Obesitas atau kelebihan berat badan bukan suatu hal yang wajar. Obesitas kerap menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia hingga dunia. Untuk itu, masyarakat penting mengetahui definisi hingga faktor penyebab obesitas. Hal ini sebagai upaya pencegahannya.

Dosen Departemen Gizi FKM Unair, Dr Ir Annis Catur Adi,M.Si mengatakan, berdasarkan WHO, seseorang disebut obesitas jika memiliki nilai Indeks Masa Tubuh atau IMT kurang lebih atau sama dengan 25.

"Pengertiannya, obesitas merupakan keadaan yang dapat mengganggu kesehatan di mana lemak dalam tubuh jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal dengan IMT berdasarkan umur yaitu nilai z-skor ≥ +2 atau IMT ≥25," papar Annis, Jumat (1/7/2022).

Annis menambahkan, obesitas atau kelebihan berat badan tidak sehat, hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat global, termasuk di Indonesia.

"Selain menjadi faktor terjadinya berbagai penyakit degeneratif, obesitas juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya gangguan psikososial khususnya pada remaja putri. Menurut WHO pada 2021, prevalensi obesitas meningkat tidak saja di negara-negara maju, tetapi juga di negara-negara berkembang termasuk Indonesia," tambahnya.

Tak hanya itu, Annis menambahkan, dari data Riskesdas tahun 2018, prevalensi obesitas di Indonesia pada remaja usia 13 hingga 15 yaitu 4,8%. Lalu pada remaja usia 16 hingga 18 tahun, sebesar 4,0%.

Prevalensi ini, lanjut Annis, mengalami kenaikan dibandingkan hasil Riskesdas tahun 2013. Di mana prevalensi obesitas pada remaja usia 13 hingga 15 tahun yaitu 2,5% dan remaja usia 16 sampai 18 tahun 1,6%.

"Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dengan persentase obesitas yang cukup tinggi yaitu sebesar 16% berdasarkan profil kesehatan Jawa Timur pada 2018," imbuhnya.

Tak hanya itu, berdasarkan kasus obesitas yang ada, persentase obesitas pada perempuan sebesar 15,55%. Persentase ini lebih tinggi dibandingkan persentase obesitas pada laki-laki yaitu sebesar 10,72%.

Lalu, apa saja faktor penyebab obesitas? Simak di slide selanjutnya: