Membanggakan, Surabaya Juara Umum Porprov Jatim yang Ke 7 Kali

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Senin, 04 Jul 2022 00:40 WIB
Penutupan Porprov Jatim VII berlangsung meriah
Penutupan Porprov Jatim di Lumajang (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Kota Surabaya kembali meraih juara umum dalam gelaran Pekan Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022. Surabaya menyabet juara umum ke-7 kalinya secara berturut turut.

"Juara umum Porprov Jatim VII tahun 2022 diraih oleh Kota Surabaya " ujar Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil dalam sambutannya disambut tepuk tangan pengunjung yang datang di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (3/7/2022).

Kegiatan olahraga tersebut, jelas dia, digelar mulai 26 Mei hingga 3 Juli 2022 dan diikuti 38 kabupaten/kota. Dalam Porprov Jatim VII ini, Kontingen Surabaya menurunkan 989 orang atlet.

Kota Surabaya mendapat 130 emas, 99 perak dan 125 perunggu. Sementara juara 2 diraih Kota Malang dengan 70 emas, 67 perak dan 72 perunggu dan juara 3 diraih Kabupaten Sidoarjo dengan 61 medali emas, 66 perak dan 83 perunggu.

Sebelumnya, penutupan Porprov Jawa Timur VII tahun 2022 digelar di Stadion Semeru Lumajang. Penutupan ini dipadati warga dan dihadiri Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak beserta istri serta sejumlah pejabat Pemprov Jatim.

Dalam penutupan porprov ini dibuka dengan tarian kolosal topeng Kaliwungu dan tari godril dari kabupaten Lumajang. Selanjutnya, para kontingen dari 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur berjalan menuju lapangan Stadion Semeru.

Penutupan ditutup dengan menyalakan kembang api dan hiburan dengan artis dari grup musik geranium dan Denny Caknan.

Pelaksanaan Porprov Jatim VII berdampak bagi ekonomi masyarakat. Bahkan, omzet UMKM naik hingga 200 persen. Selain itu, sarana dan prasarana olahraga semakin baik bahkan berstandar nasional.

"Dengan adanya Porprov Jatim omzet UMKM naik hingga 200 persen serta sarana olahraga semakin bagus," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam sambutannya.



Simak Video "Ricuh Pertandingan Bola Porprov Jatim, Pemain 2 Tim Baku Hantam!"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)