Butuh 2 Tahun Gadis Yatim Magetan Kumpulkan Uang Receh Belikan Motor Ibunya

Sugeng Harianto - detikJatim
Senin, 27 Jun 2022 21:10 WIB
Anak yatim magetan beli motor pakai receh
Partini dan Andin saat beli motor baru. (Foto: Tangkapan layar)
Magetan -

Ajadsiah Kharifa Andini, warga Desa Jonggrang, Kecamatan Barat Magetan berhasil mewujudkan mimpinya membelikan sepeda motor untuk ibunya, Pratini. Hebatnya, gadis 11 tahun yang akrab disapa Andin itu membeli motor dengan uang receh.

"Sekitar dua tahun ngumpulin uangnya. Anak saya sudah yatim, ayahnya meninggal dunia sejak Andin dalam kandungan," cerita Partini (44) saat dikonfirmasi detikJatim, Senin (27/6/2022).

Dua tahun lalu, kata Partini, dirinya sering sakit asam lambung sehingga banyak menganggur. Partini selama ini hanya seorang buruh tani. Andin lantas punya pikiran untuk membantu penghasilan keluarganya.

"Anak saya punya ide jual minuman es dan jajanan di rumah," kata Partini.

Partini mengaku bahwa modal anaknya saat itu tak sampai Rp 50 ribu. Namun, dari hasil jualan, andin bisa menyisihkan Rp 10-20 ribu sehari.

"Modalnya ndak ada Rp 50 ribu waktu itu. Pertama hanya jual minuman saset, kemudian berkembang hingga pasang WiFi di rumah. Makin lama makin ramai, yang datang anak-anak kebanyakan," papar Partini.

Partini mengungkapkan, karyawan dealer motor butuh waktu sekitar empat jam untuk menghitung uang receh logam dan uang kertas yang dibawa Andin.

"Alhamdulillah, pihak dealer menyambut baik," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Andin mengumpulkan uang receh membelikan motor untuk ibunya. Motor itu dibeli seharga Rp 19,6 juta. Andin mengumpulkan kepingan uang logam Rp 500 dan Rp 1.000 hingga mencapai Rp 1.950.000. Sedangkan sisanya, pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 10.000 masing-masing terkumpul Rp 5 juta.



Simak Video "Derita Anak Yatim Hidrosefalus Selalu Digendong Ibunya Berjualan Keripik"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)