Cerita Haru Gadis Yatim di Magetan Belikan Motor Ibunya Pakai Uang Receh

Sugeng Harianto - detikJatim
Senin, 27 Jun 2022 17:03 WIB
Anak yatim magetan beli motor pakai receh
Partini dan Andin saat memberli motor baru (Foto: Tangkapan layar.detikJatim)
Magetan -

Rasa haru tak bisa disembunyikan oleh Partini (44), warga Desa Jonggrang, Kecamatan Barat, Magetan. Betapa tidak, anak gadisnya Ajadsiah Kharifa Andini yang masih berusia 11 tahun bisa membelikannya sepeda motor. Hebatnya lagi, Ajadsiah membeli motor dengan uang receh yang dikumpulkannya sendiri.

Pembelian motor itu viral di aplikasi WhatsApp. Dalam video, tampak bagaimana Ajadsiah membayar motor dengan uang receh.

"Betul, itu Rabu pekan lalu. Beli sepeda motor Honda BeAT di MPM motor Kecamatan Barat," kata Partini dikonfirmasi detikJatim, Senin (27/6/2022).

Partini menceritakan, motor itu dibeli seharga Rp 19,6 juta. Ajadsiah mengumpulkan kepingan uang logam Rp 500 dan Rp 1.000 hingga mencapai Rp 1.950.000. Sedangkan sisanya, pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 10.000 masing-masing terkumpul Rp 5 juta.

"Jadi untuk uang pecahan logam Rp 500 dan seribuan ada hampir Rp 2 juta. Sedangkan pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 1.000 totalnya Rp 15 juta," tambah Partini.

Partini mengatakan, uang tersebut tersebut didapatkan anaknya dari hasil menabung berjualan es dan makanan ringan di rumahnya.

"Anaknya ulet jualan es dan makanan ringan di rumah," papar Partini.

Andin-sapaan akrab anak Partini- sudah ditinggal meninggal ayahnya sejak dia berada dalam kandungan. Kendati demikian, Partini dan Andin tetap survive hidup bersama.

"Sekarang saya kelas 5, mau naik kelas 6," cerita Andin.

Saat datang ke toko sepeda motor MPM kecamatan Barat, Andin mengaku uang tersebut disimpan di dalam kaleng biskuit lalu dimasukkan ke dalam karung. Andini dibonceng ibunya saat beli motor.

"Kemarin itu naik sepeda pancal ke toko (motor). Uang saya taruh karung, bonceng anak saya," tukas Partini.



Simak Video "Derita Anak Yatim Hidrosefalus Selalu Digendong Ibunya Berjualan Keripik"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)