Akun Satlantas Polres Trenggalek Diretas, Saling Balas Cuitan Tidak jelas

Adhar Muttaqin - detikJatim
Kamis, 16 Jun 2022 21:05 WIB
Aksi saling balas cuitan akun Satlantas Polres Trenggalek yang diretas
Aksi saling balas cuitan akun Satlantas Polres Trenggalek. (Foto: tangkapan layar/detikJatim)
Trenggalek -

Akun Twitter resmi Satlantas Polres Trenggalek @Lantas_TGalek bikin heboh jagat twitter. Akun itu terlibat saling balas cuitan yang tidak jelas dengan akun Lurah Istana @Lurah_SC. Perbincangan soal siapa yang pantas difollow dan di-unfollow itu terjadi beberapa kali karena ternyata akun @Lantas_TGalek sedang diretas.

Berikut bunyi saling balas cuitan itu.

@Lurah_SC : Dik Bripda Rizky Intan, knapa kamu masih folow akun bangsat @Dennysiregar7?apa perlu saya ingpo ke suamimu Brigadir Iqvanul Cahyo?unfol akun jahanam itu segera!

Lantas Trenggalek @Lantas_TGalek :
Maaf Ki Lurah, sudah kami unfollow akun tersebut. Itu memang akun lama, lupa passwordnya. Terimakasih

Dalam cuitan yang lain kedua akun juga saling balas.

Lurah Istana @Lurah_SC :
@Lantas_TGalek ini kenapa follow akun bong dan like akun Ruhut sitompul?kapan kamu mau like akun den bagus?lurah perintahkan kpada bapak untuk like akun ki lurah sekarang!

Lantas Trenggalek @Lantas_TGalek : 86 maaf telat, lagi sibuk atur lantas. Sudah kami follow akun Ki Lurah, terimakasih.

Aksi saling balas cuitan akun Satlantas Polres Trenggalek yang diretasPengumuman bahwa akun twitter Satlantas Polres Trenggalek sedang diretas. (Foto: tangkapan layar/detikJatim)

Kasat Lantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra mengatakan akun resmi kesatuannya itu telah diretas oleh orang tak dikenal sejak Kamis (16/6/2022) pagi. Tim operator pun tidak dapat mengendalikan akun tersebut.

"Itu diambil orang lain. (Baru) kami ketahui tadi pagi," kata Meita, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya, sejumlah cuitan yang muncul di akun @Lantas_TGalek bukan unggahan dari operator Satlantas, melainkan diunggah oleh peretas.

"Cuitan dengan Lurah Istana bukan dari admin kami. Admin kami tidak bisa mengakses," jelasnya.

Terkait peretasan akun medsos Satlantas Polres Trenggalek, pihaknya telah meminta bantuan ke tim siber Polda Jatim. "Tadi sudah ditangani siber polda," imbuh Meita.

Kasat Lantas mengimbau masyarakat berhati-hati dengan pesan atau informasi yang disebar akun Twitter @Lantas_TGalek karena hingga saat ini belum dalam penguasaan kesatuan Polri.



Simak Video "Ukraina Digempur Serangan Siber"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)