Lomba Pemulasaraan Jenazah di Jombang, Berkompetisi Plus Belajar Ilmu Baru

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Rabu, 15 Jun 2022 00:04 WIB
Lomba pemulasaraan jenazah Polres Jombang
Lomba pemulasaraan jenazah Polres Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Untuk meningkatkan SDM polisi sehingga mampu membantu masyarakat memandikan hingga mengkafani jenazah, Polres Jombang menggelar lomba pemulasaraan jenazah sesuai syariat Islam. Lomba ini dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76 yang diperingati setiap 1 Juli 2022.

Lomba pemulasaraan jenazah digelar di halaman Masjid Agung Junnatul Fu'adah Mapolres Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim. Peserta perlombaan ini terdiri dari 21 polsek jajaran dan satuan fungsi Polres Jombang. Masing-masing tim yang berlomba terdiri dari 5 polisi.

Polisi menggandeng tim dari Kantor Kemenag Kabupaten Jombang dan para tokoh agama sebagai juri lomba. Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat memantau langsung jalannya perlombaan.

"Tujuan kami salah satunya menindaklanjuti perintah Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Jatim meningkatkan kompetensi SDM Polri. Jadi, tidak hanya kompetensi ilmu kepolisian, tapi juga ilmu sosial yang salah satunya untuk bekal bagi kami ketika bergaul di masyarakat," kata Nurhidayat kepada wartawan di lokasi, Selasa (14/6/2022).

Tentu saja bukan jenazah manusia yang digunakan dalam lomba. Masing-masing tim diminta melakukan pemulasaraan jenazah yang menggunakan boneka.

Proses merawat jenazah dilakukan sesuai ajaran atau syariat Islam. Mulai dari menyucikan jenazah dari najis, memandikan jenazah, hingga mengkafani jenazah.

Melalui perlombaan ini, Nurhidayat berharap personelnya mampu memberikan solusi terhadap situasi mendesak yang terjadi di masyarakat. Misalnya ketika kekurangan tenaga untuk pemulasaraan jenazah korban bencana alam.

"Harapan kami dengan lomba ini, dalam rangka HUT Bhayangkara bisa memberikan manfaat internal yaitu untuk peningkatan SDM Polri juga manfaat eksternal yaitu untuk membantu masyarakat," jelasnya.

Selain itu, seluruh personel Polres Jombang yang mengikuti perlombaan diharapkan mampu menularkan ilmu pemulasaraan jenazah kepada rekan sesama polisi maupun pada masyarakat.

"Kami harapkan mereka menjadi agen untuk menyampaikan informasi, baik untuk personil yang lain maupun kepada masyarakat. Khususnya para Bhabinkamtibmas di polsek jajaran Polres Jombang," tegasnya.

Sementara itu, salah satu peserta lomba, Aiptu Muhammad Sulton mengaku senang bisa mengikuti lomba pemulasaraan jenazah ini. Perwakilan Polsek Mojoagung, Jombang ini senang mempunyai ilmu baru yang bermanfaat membantu pemulasaraan jenazah saat bertugas di wilayahnya.

"Kesulitan ada, karena kami masih belajar. Prosesnya tadi membersihkan najis, memandikan, ada yang menyiapkan sabun, sampo. Jenazah harus diperlakukan dengan sangat baik. Kemudian jenazah disucikan seperti orang wudu, setelah itu dikafani," tandasnya.



Simak Video "Polisi Gelar Perkara Kecelakaan Maut Vanessa Angel dan Suami"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)