Dikira Ditilang, Ternyata Dapat Snack Hari Pertama Operasi Patuh di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Selasa, 14 Jun 2022 04:08 WIB
operasi patuh semeru di lamongan
Pemotor diberi snack di hari pertama Operasi Patuh di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Pemandangan berbeda terjadi pada hari pertama Operasi Patuh Semeru 2022 di Lamongan. Puluhan pengendara kendaraan bermotor dibuat bertanya-tanya ketika mereka dihentikan polisi ketika sedang melaju di salah satu ruas jalan yang ada di Lamongan. Ada apa?

Ya, pemandangan puluhan pengendara yang diberhentikan polisi ini berasal dari berbagi latar belakang, mulai dari TNI, Satpol PP, remaja dan bahkan dari anggota Polri sendiri. Usut punya usut, puluhan pengendara motor ini diberhentikan bukan untuk ditilang, tapi para pengendara motor ini malah diberi hadiah snack oleh polisi.

"Awalnya kami kaget pak, saya kira ada apa kok disuruh berhenti, ternyata dikasih snack," kata Nita, salah seorang pengendara motor yang dihentikan oleh polisi, Senin (13/6/2022).

Meski sempat waswas dan bertanya-tanya apakah ia telah berbuat suatu kesalahan, Nita mengaku jika apa yang dilakukan oleh polisi ini lucu dan bisa memotivasinya untuk selalu tertib berlalu lintas.

"Lucu sih ini, bisa jadi motivasi untuk tertib lalu lintas," ungkap Nita.

Pengendara lainnya, Hanif juga menyampaikan hal yang sama. Hanif menyebut, ia yang merasa tidak berbuat salah dan telah mematuhi peraturan untuk tertib berlalu lintas itu merasa kaget karena tiba-tiba dihentikan polisi.

"Saya kira tadi saya telah berbuat salah, tiba-tiba kok setelah dihentikan saya malah dikasih snack," aku Hanif.

Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno menuturkan, pemberhentian itu memang bukan untuk ditilang tetapi diberi snack sebagai apresiasi kepada seluruh pengendara yang tertib dalam berlalu lintas.

"Pemberian snack ini sebagai reward kepada masyarakat yang sudah memakai helm saat mengendarai motor, memakai sabuk keselamatan saat mengendarai mobil," jelas Aris.

Selain membagikan snack, polisi juga membentangkan banner papan imbauan sebagai langkah preemtif untuk mengingatkan warga Lamongan agar taat dalam berlalu lintas. Hal ini, menurut Aris, sesuai target prioritas Operasi Patuh Semeru 2022, yakni wajib menggunakan helm, menggunakan sabuk pengaman, dilarang berkendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas, melebihi batas kecepatan.



Simak Video "Ingat! Mulai Hari Ini Korlantas Polri Gelar Operasi Patuh"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)