Perasaan Dilema Ibu Kandung Gadis yang Dinikahi Kasun 50 Tahun

Sugeng Harianto - detikJatim
Senin, 13 Jun 2022 18:20 WIB
Kasun di Ngawi
Kasun Ngawi, SM yang nikahi gadis 16 tahun (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Ngawi -

Dilema dirasakan oleh Hartini, ibu kandung dari SPC, gadis 16 tahun yang dinikahi oleh SM, Kepala Dusun (Kasun) Dung Banteng, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Di satu sisi dia lega karena kasun berusia 50 tahun itu sudah dipenjara. Namun, di sisi lain Hartini sedih karena anaknya jadi korban.

"Alhamdulillah sudah dipenjara. Tapi sedih dengan nasib anak saya," ucap Hartini kepada detikJatim melalui sambungan telepon, Senin (13/6/2022).

Hartini kini tinggal di Aceh usai bercerai dengan suami, saat usia SPC masih 2 tahun. Dia masih terpukul karena anaknya sudah nikah siri dengan SM. Hartini mengaku, usai menikah dengan kasun berusia 50 tahun tersebut, SPC sempat depresi.

"Kemarin sempat ada kabar juga kalau berpisah dengan Kasun akan bunuh diri. Tapi, alhamdulillah kini sudah iklas anaknya. Kemarin laporan sendiri ke polres diantar bapaknya," terang Hartini.

Hartini mengaku ingin sekali datang mendampingi anaknya membuat laporan ke Polres Ngawi. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena terkendala biaya.

"Saya hanya support dia kemarin, ingin sekali pulang tapi terkendala biaya. Alhamdulillah akhirnya anak saya mau laporan juga," paparnya.

SM kini sudah ditetapkan jadi tersangka dan langsung ditahan oleh polisi. SM berdalih, dia menikah dengan SPC karena merasa kesepian setelah ditinggal istri sahnya bekerja di Taiwan.

Sebelumnya, viral di grup Facebook Info Cepat Ngawi Peduli, seorang ibu pemilik akun Bundane Aulia Riski mencari kabar anaknya yang masih di bawah umur dinikahi seorang kasun berusia 50 tahun. Anaknya baru berusia 16 tahun atau berselisih 34 tahun dengan sang kasun.

Dalam unggahannya, sang bunda juga meminta solusi kepada warganet. "Ini ank saya mau nikah sama laki2 yg umurnya dah 50 Thun sedangkan ank saya br 16 Thun bulan 7 nanti..calon nya kamituwo dung banteng mohon solusinya" tulis akun Bundane Aulia Riski.



Simak Video "Kembali Ke Alam, Hidup Damai Bersam Rusa, Ngawi"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)