TV Analog Akan Dimatikan, Simak Cara Pasang STB Digital Rek!

Suplemen Khusus

TV Analog Akan Dimatikan, Simak Cara Pasang STB Digital Rek!

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 11 Jun 2022 10:59 WIB
Ilustrasi STB TV Digital, Set Top Box ini sebagai dibutuhkan sebagai alat untuk mengalihkan tv analog ke digital. STB juga akan diberikan gratis oleh pemerintah untuk masyarakat miskin.
Set Top Box TV Digital (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Surabaya -

Warga Jawa Timur, sudah tahu belum kalau siaran TV analog akan segera dimatikan? Saat ini, siaran TV analog dalam masa peralihan sebelum dimatikan total pada 2 November 2022.

Namun jangan khawatir, televisi analog masih bisa digunakan dengan bantuan Set Top Box (STB). STB merupakan alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog. Perangkat ini sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Saat ini, STB sudah tersedia di pasaran, masyarakat bisa membelinya secara offline maupun online. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan, pihaknya beserta para produsen memastikan ketersediaan alat tersebut agar tidak langka dicari masyarakat.

"Tidak berarti TV tabung tidak bisa menerima digital, bisa (menerima siaran TV digital) asal dipasang set top box," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dikutip dari detikinet.

Sebelum memasang set top box TV digital ini, pertama, detikers pastikan terlebih dahulu apakah di daerah kalian sudah tersedia siaran TV digital. Cara mengetahuinya, bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia di Play Store dan App Store.

Nantinya, penyelenggara multipleksing (mux) dan Kominfo akan menyalurkan bantuan set top box gratis TV digital sebanyak 6,7 juta unit bagi keluarga miskin. Pembagian ini akan terbagi dalam tiga tahapan sesuai jadwal migrasi TV analog ke digital.

Sedangkan, yang termasuk kelompok masyarakat mampu, tidak mendapatkan subsidi STB, sehingga diharuskan untuk membeli secara mandiri perangkat STB.

Diketahui, penghentian siaran TV analog ke TV digital dimulai 30 April 2022. Proses digitalisasi penyiaran ini merupakan cara transformasi digital di bidang penyiaran, yang mana siaran TV analog sudah mengudara lebih dari 60 tahun.

Kominfo akan menerapkan suntik mati TV analog ini dalam tiga tahapan. ASO Tahap 1 pada 30 April 2022 mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Lalu bagaimana cara memasangnya? Caranya mudah kok. Simak yuk:

  1. Pastikan membeli STB yang sudah tersertifikasi Kominfo.
  2. Buka kemasan STB, yang biasanya isinya terdapat remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), kartu garansi, dan buku panduan.
  3. Pindahkan kabel antena yang terpasang di TV ke perangkat STB.
  4. Pasangkan juga kabel RCA di TV yang terhubung ke STB.
  5. Setelah itu, menyalakan TV dan STB.
  6. Kemudian masuk ke setting dan pilih HDMI. Kalau TV kalian tidak ada HDMI, maka pilih menu AV.
  7. Lalu pilih menu pencarian saluran dan secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital


Simak Video "TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital "
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)