Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito: Sosok Achmad Yurianto Seperti Kakak

Muhammad Aminudin - detikJatim
Minggu, 22 Mei 2022 16:04 WIB
achmad yurianto, eks jubir covid-19 dimakamkan
Pemakaman almarhum eks jubir COVID-19 (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Batu -

Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito hadir saat pemakaman Achmad Yurianto. Bagi Wiku, Yurianto seperti kakak sendiri selain sebagai rekan kerja.

"Beliau adalah kakak kelas di SMA Negeri 3 Malang. Sudah seperti keluarga, sahabat, kakak saya, dan belajarnya bersama-sama di rumah," kata Wiku ditemui wartawan usai pemakaman Achmad Yurianto di TPU Dadaprejo, Kota Batu, Minggu (22/5/2022).

Wiku menilai, sosok Achmad Yurianto merupakan figur yang tenang dan sabar. Seperti bisa terlihat ketika Yurianto menjadi juru bicara COVID-19 sebelum dirinya.

Yurianto merupakan sosok yang betul-betul memberikan kedinginan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 melanda Tanah Air.

"Selama 140 hari terus menerus menyampaikan berita kepada masyarakat Indonesia, tentang bahaya yang dihadapi dan menenangkan hingga akhirnya setelah dua tahun lebih," katanya.

Wiku masih mengingat, saat pertama kali bergabung dalam tim informasi Satgas COVID-19. Yurianto selalu membantu dirinya dalam menyampaikan informasi terkait perkembangan COVID-19 kepada media.

"Beliau adalah tokoh yang luar biasa penuh kesabaran.Beliau orangnya tenang sekali, dan luar biasa memerlukan ketenangan dalam menghadapi bencana non-alam seperti ini yang melanda seluruh dunia dan mampu menanganinya dengan baik," tegasnya.

Yurianto dimakamkan dekat pusara ibunya Mientarti di TPU Dadaprejo, Kota Batu, Minggu (22/5/2022), pukul 10.00 WIB. Prosesi pemakaman digelar secara militer, mengingat Yurianto merupakan purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir Kolonel CKM.



Simak Video "Achmad Yurianto Eks Jubir Corona Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)