Warga Surabaya Lega Bisa Lepas Masker di Ruang Terbuka

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Rabu, 18 Mei 2022 14:56 WIB
Self-sewn mouth-nose masks against corona viruses hang on the clothesline to dry.
Ilustrasi masker (Foto: Getty Images/iStockphoto/Rike_)
Surabaya -

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan kebijakan terkait penggunaan masker. Kini, masyarakat tidak diwajibkan menggunakan masker di ruang terbuka (outdoor). Sebaliknya, jika di ruang tertutup (indoor) dan transportasi umum, masyarakat masih diwajibkan mengenakan masker.

Kebijakan tersebut mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang kian terkendali. Lantas, bagaimana tanggapan dari warga Kota Surabaya?

"Sudah waktunya memang (membuka masker)," kata warga Wonokromo, Edi Susilo kepada detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Edi setuju dengan kebijakan dan aturan baru itu. Menurut dia, hal tersebut sudah sesuai dengan kondisi COVID-19 yang kian melandai. Bahkan, kebijakan ini menurut dia seharusnya bisa lebih awal atau beberapa bulan lalu.

"Kebijakan buka masker di Inggris sudah beberapa bulan lalu juga," ujar Edi.

Hal senada disampaikan warga Jambangan, Zhanuar Ardhiansyah. Dia menilai masyarakat sudah dewasa dan kondisional, sehingga bisa menyesuaikan penggunaan masker sesuai situasi COVID-19 saat ini.

"Masyarakat sudah paham mana yang perlu dan tidak," tutur Zhanuar.

Selaras, Indah Kusuma, warga Babatan mengaku justru lebih senang. Sebab, ia tak perlu lagi membawa masker ke mana-mana.

"Saya kan orangnya pelupa, apalagi masalah masker, suka gak bawa ke mana-mana. Makannya ada kebijakan baru lepas masker di luar ruangan, lebih senang dong," katanya.

Sementara itu, Firman Rudi juga mengamini hal itu. Ia mengaku mendukung langkah pemerintah dalam menerapkan kebijakan melepas masker. Begitu pula dengan tidak melakukan swab tes antigen dan PCR untuk pelaku perjalanan.

"Karena sering dinas kerja luar kota, ya justru meringankan orang-orang seperti saya. Adanya aturan baru ini, alhamdulilah, semoga bisa kembali normal ke semua hal seperti semula," katanya.



Simak Video " Boleh Lepas Masker di Outdoor, Bagaimana Aturan di Transportasi Umum?"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)