Anak di Tulungagung Meninggal Diduga Kena Hepatitis Akut, Ini Kata Dinkes Jatim

Faiq Azmi - detikJatim
Senin, 09 Mei 2022 16:40 WIB
kadinkes jatim dr erwin
Kepala Dinkes Jatim (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur melaporkan kasus kematian seorang anak berusia 7 tahun. Diduga, penyebab kematiannya akibat terpapar hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya atau hepatitis misterius.

Kadinkes Jatim, dr Erwin Astha Triyono angkat bicara terkait hal tersebut. Dia mengaku belum bisa memastikan penyebab meninggalnya anak tersebut.

Menurut dr Erwin, Dinkes Tulungagung memang menduga pasien itu meninggal akibat terjangkit hepatitis akut. Namun, pihaknya masih menunggu hasil tes laboratorium.

"Yang di Tulungagung itu masih dalam kategori sindroma jaundice akut (kuning). Karena kita masih menunggu data data laboratorium, karena ada syaratnya dari WHO," ujar dr Erwin kepada detikJatim, Senin (9/5/2022).

Dia menambahkan, ada serangkaian tes yang dijalani oleh pasien dengan klasifikasi sindroma jaundice (kuning) akut ini. Karenanya, Dinkes Jatim belum berani memastikan status pasien.

"Sehingga, kategori ini masih pending classification (pending klasifikasi), jadi belum bisa dipastikan apa apa. Sehingga kembali wes enggak usah mikirin yang seperti ini, yang dipikirkan adalah bagaimana supaya kita tidak terpapar," ungkap dia.

Sebelumnya, pasien berusia 7 tahun itu mendapat perawatan intensif di RSUD dr Iskak Tulungagung. Anak tersebut menunjukkan gejala hepatitis. Namun, hasil laboratorium disebut tidak mendeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E.

"Ya, sudah konfirmasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat, dikutip dari Antara Senin (9/5/2022).



Simak Video "Pernyataan Kemenkes soal Anak Jatim Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)