Waspada Hepatitis Akut, Dokter RSU Soetomo Imbau Berhati-hati Makan di Luar

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 07 Mei 2022 11:59 WIB
dr Bagus
dr Bagus/Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Masyarakat mungkin baru bernafas lega karena kasus COVID-19 di Indonesia mulai melandai. Namun, baru-baru ini, masyarakat kembali dihebohkan penyakit baru dan misterius yang belum diketahui penyebabnya. Penyakit tersebut adalah hepatitis akut.

Dokter Spesialis Hepatitis, sekaligus Staf Gastrohepatologi Anak, Fakultas Kedokteran (FK) Unair dan RSU dr. Soetomo, dr Bagus Setyoboedi meminta masyarakat tidak panik, namun tetap waspada.

Menurut Budi, salah satu pencegahan terbaik yakni dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, menjaga protokol kesehatan secara ketat juga penting dilakukan.

Karena maish misterius, ia mengimbau masyarakat terus melakukan upaya pencegahan. Karena penyakit ini dapat menjangkit melalui saluran pencernaan dan udara. Ia pun mengimbau masyarakat berhati-hati saat membeli makanan di luar.

"Jadi memang itu satu sumber penularan. Terutama hati-hati ketika makan di luar karena bisa menyerang saluran cerna. Itu yang harus diwaspadai, kebersihannya yang penting, higienisnya harus kita awasi. Kalau ada gejala awal segera periksa," pesan Budi.

Diketahui, penyakit ini berbeda dengan hepatitis biasanya. Hepatitis akut ini berawal dari kondisi yang baik, namun dengan cepat menjadi memberat tanpa diketahui positif mengidap hepatitis.

"Masalah ini kenapa kemudian mendunia karena setelah dikaji tidak ada penyebab satu pun yang menyatakan positif (hepatitis) karena saat dicek negatif semua. Saat ini sedang dikaji," ungkap Bagus.

Karena tidak diketahui sebabnya, hingga kini sulit bagi tim dokter untuk melakukan penanganan. Sementara, penanganan berfokus pada gejala yang dialami penderita saja.

Ia menyebut, gejalanya hampir mirip dengan penderita hepatitis pada umumnya. Yakni mual, muntah, diare, pembekuan darah hingga kuning.

"Kalau gejala semua sama. Hanya saja bedanya lebih cepat jadi berat namun setelah diselidiki tidak ada satu pun penyebab," imbuhnya.



Simak Video "Epidemiolog: Hepatitis Akut Misterius Tidak Bisa Diabaikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)