Sensasi Mudik di Jalur Pantai Selatan Jawa, Ngabuburit Sambil Menikmati Senja

Sensasi Mudik di Jalur Pantai Selatan Jawa, Ngabuburit Sambil Menikmati Senja

Purwo Sumodiharjo - detikJatim
Rabu, 27 Apr 2022 20:15 WIB
jembatan Grindulu
Jembatan Grindulu, Pacitan. (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikJatim)
Surabaya -

Membahas eksotisme alam Jalur Pantai Selatan (Pansela) seakan tak ada habisnya. Wajar jika sebagian pemudik memilih rute tersebut untuk perjalanan pulang kampung.

Selain menyajikan panorama alam, ternyata jalur ini juga menyimpan spot keren lainnya. Seperti lintasan joging sekaligus lokasi ngabuburit.

Spot tersebut terdapat di Jalan Lintas Selatan (JLS) ruas Kecamatan Kota Pacitan. Tepatnya di kawasan perempatan antara Kelurahan Ploso dan Kelurahan Sidoharjo.

Perempatan JLS memang selalu ramai meski pada hari biasa. Terutama pagi dan sore hari. Sepanjang trotoar itu selalu tampak warga yang berlalu-lalang untuk olahraga.

Matahari terbenam di jalur Pansela-PacitanMatahari terbenam di jalur Pansela-Pacitan Foto: Purwo Sumodiharjo

Ada juga deretan lapak penjual makanan dan minuman di kanan dan kiri jalan. Sementara, area trotoar di sekitarnya dijadikan tempat makan-minum pelanggan yang menggelar tikar di atasnya. Saat menunggun magrib, taks sedikit yang ngabuburit sembari menikmati senja.

Tidak hanya itu, ada juga Jembatan Grindulu, tempat favorit untuk healing di sekitar JLS. Jembatan yang memiliki panjang 750 meter itu membentang di atas Sungai Grindulu yang membelah Kota Pacitan.

Dari atas jembatan, tampak gugusan lereng pegunungan di arah timur. Lukisan alam itu makin sempurna dengan pendar sinar surya yang menyembul dari balik Gunung Limo.

Sementara perahu nelayan tampak lalu lalang menuju Pantai Pancer. Muara sungai itu menjadi tempat mereka berangkat dan pulang melaut.

Selain menikmati kawasan Pansela, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke berbagai spot lain di Kota 1001 Gua ini. Misalnya mampir ke Museum SBY-Ani. Gedung bercorak klasik dengan kubah di bagian atas itu memang belum resmi dibuka. Namun, tak sedikit warga yang melintas sengaja berhenti untuk berswafoto dengan latar belakang bangunan ikonik tersebut.



Simak Video "Mudik Sembari Healing di Rute Pansela Cianjur - Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)