Ini Nama 5 Pemancing yang Ngabuburit hingga Terapung-apung di Tengah Laut

Esti Widiyana - detikJatim
Minggu, 24 Apr 2022 23:17 WIB
basarnas surabaya selamatkan perahu pemancing terombang-ambing di laut
Ngabuburit dengan memancing 5 orang ini terapung-apung di tengah laut. (Foto: Istimewa Dok BPBD Surabaya)
Surabaya -

Sebanyak 5 orang pemancing sengaja ngabuburit atau menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa dengan memancing di tengah laut. Tapi sesuatu terjadi, mereka terapung-apung di tengah laut lantaran baling-baling perahu patah.

Beruntung seluruhnya selamat setelah mendapatkan pertolongan dari BPBD Surabaya, Basarnas, dan Ditpolair Polda Jatim, Minggu (24/4/2022).

Berikut ini identitas 5 pemancing selamat:

1. Ilun Sucahyono (32) warga Mojo 4 Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya
2. Hadi siswanto (35) warga Keputih Timur Pompa Air
3. Andik Widianto (34) warga Keputih Timur Pompa Air
4. Koirul nizaq (33) warga Tambak Wedi Sejahtera
5. Mashudi (50) warga Keputih Pompa Air

Peristiwa itu berawal saat Ilun bersama teman-temannya memang sengaja memancing. Mereka memancing di laut berangkat dengan perahu dari DAM Keputih pada pukul 09.00 WIB. Saat hendak geser lokasi menyalakan kembali mesin perahu tiba-tiba saja as baling-baling perahu itu patah.

Ilun dan kawan-kawannya sadar, as baling-baling yang patah itu akan sulit dibetulkan di tengah laut seperti itu. "Sudah tidak mungkin dibenarkan, ya akhirnya saya telepon ke Command Center 112 Surabaya. Basarnas datangnya cepat," katanya.

Meski dia bilang respons Basarnas cukup cepat, sebelum memutuskan untuk menelepon Command Center 112 itu dia dan kawan-kawannya sempat panik dan kebingungan di tengah laut itu. Namun mereka berupaya tetap tenang.

Petugas Command Center 112 menerima laporan itu Minggu (24/4/2022) pukul 13.46 WIB. Sampai di lokasi DAM Keputih sekitar pukul 13.50 WIB petugas langsung mengerahkan perahu karet dan perlengkapan sembari berkoordinasi dengan Basarnas.

Hingga akhirnya perahu yang terapung-apung di tengah laut itu berhasil dievakuasi. Perahu itu ditarik Kapal Motor (KM) Srikandi milik Basarnas menuju ke titik awal DAM Keputih. Seluruh penumpang perahu itu pun selamat.

Ilun mengakui, dirinya memang kerap memancing bersama teman-temannya itu setiap akhir pekan. Dia dan teman-temannya bahkan hampir setiap kali memancing menggunakan perahu tersebut, yang menurut Ilun memang miliknya pribadi.

"Ya, kebetulan pas memang apes (Terapung di laut) saja tadi," katanya.



Simak Video "Antusiasme Warga Ngabuburit di JPO Pinisi Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)