Harus Lebih Tertib, Mobil INCAR Kini Diluncurkan di Jalanan Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Kamis, 21 Apr 2022 15:49 WIB
Launching mobil INCAR di Lamongan
Launching mobil INCAR di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim
Lamongan -

Pengendara di jalan Lamongan harus lebih tertib jika tak ingin kena tilang elektronik. Sebab, polisi di Lamongan telah meluncurkan mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

Mobil patroli INCAR ini akan otomatis mengetahui pelanggaran seperti melebihi kecepatan, tidak memakai helm, keluar garis marka, serta tidak memaki kelengkapan lainnya akan terjaring perangkat yang terpasang.

"Ya hari ini kami launching mobile INCAR yang akan merekam secara otomatis bagi kendaraan yang melanggar, INCAR ini bisa merekam baik mobil maupun motor," kata Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno, Kamis (21/4/2022).

Aris menjelaskan INCAR adalah mobil yang dilengkapi dengan perangkat kamera tilang mirip electronic traffic law enforcement (ETLE). Jadi, INCAR merupakan ETLE versi mobile yang mampu menangkap setiap pelanggaran lalu lintas, baik mobil maupun sepeda motor.

Ada sebanyak 4 unit kamera yang terpasang di atas kabin menghadap ke depan dan belakang akan merekam setiap pelanggaran dan diwujudkan dalam sejumlah gambar, hari, jam dan tanggal untuk bukti otentik.

"Mobil Incar ini dioperasikan 2 orang, terdiri dari pengemudi dan seorang operator. Namun kita siapkan 8 orang untuk bergantian," ujar Aristianto.

Aristianto mengatakan cara kerja INCAR ini yakni petugas tinggal turun keliling jalan. Karena sistem kamera mampu mengintai dan mencatat kendaraan yang melanggar.

Ini karena sistem yang ada pada mobil ini akan bekerja online di mana data pelanggaran langsung dikirim ke pusat kendali untuk diterbitkan surat tilang. Surat ini kemudian yang akan dikirim ke rumah sesuai alamat pemilik kendaraan, dan data nomor kendaraan bermotor.

"Operator berperan vital sebagai verifikator setiap pelanggaran yang terekam. Operator bisa melihat gambar dan menolak sistem untuk mencatatnya sebagai pelanggaran," terangnya.

Meski demikian, kamera tilang juga bisa dioperasikan secara manual, misalnya saat ada kendala teknis seperti sumber cahaya yang berada di belakang objek atau backlight. INCAR juga mampu merekam puluhan pelanggar lalu lintas dalam sekali rekam.

"Cara kerja mobil Incar juga cukup cepat, dalam hitungan menit saja bisa 'menangkap' puluhan pelanggar," katanya.



Simak Video "Duh! Ada Saja Cara Pengendara Mengakali ETLE di Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)