Senangnya 486 Tukang Becak di Mojokerto Dapat Bansos Tunai

Jihaan Khoirunnisaa - detikJatim
Kamis, 21 Apr 2022 09:33 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Pemerintah Kota Mojokerto menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada 486 tukang becak. Bansos tersebut berupa uang tunai senilai Rp 330 ribu yang dianggarkan dari APBD Kota Mojokerto tahun 2022.

Penyaluran dilakukan secara bergelombang per kecamatan di Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau yang biasa disebut Rumah Rakyat di Jalan Hayam Wuruk, No. 50 Kota Mojokerto pada Rabu (20/4) kemarin.

"Penyaluran kita lakukan bergelombang sesuai kecamatan masing-masing. Jam 07.30-09.00 WIB untuk Kelurahan Magersari, jam 09.30-11.00 WIB untuk Kelurahan Prajurit Kulon, dan jam 11.30-13.00 WIB untuk Kelurahan Kranggan," ungkap Sekretaris Dinsos P3A Kota Mojokerto Susilawati dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut Susi menjelaskan, 486 tukang becak yang menerima bantuan adalah warga kurang mampu yang ber-KTP Kota Mojokerto dan belum terakomodir dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat membantu menunjang kebutuhan dasar menjelang Lebaran.

"Kami berharap bantuan yang terima supaya bisa dioptimalkan penggunaanya, dipakai untuk pemenuhan kebutuhan dasar mereka," katanya.

Di sisi lain, Rukan (74) yang merupakan tukang becak asal Kelurahan Mentikan mengaku senang mendapat bantuan uang tunai dari Pemerintah Kota Mojokerto. Bantuan tersebut akan ia gunakan untuk membeli kebutuhan sembako bagi keluarga.

"Ya seneng mas, apalagi ini mau Lebaran, bisa membantu beli kebutuhan pangan buat keluarga," ujarnya.

Senada, Wiyono yang merupakan tukang becak asal Kelurahan Mentikan mengaku bersyukur. Ia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Mojokerto atas bantuan yang diberikan.

"Alhamdulillah mas, terima kasih Ibu Wali Kota sudah diberikan bantuan, tentu ini sangat meringankan kami yang hanya tukang becak," ungkapnya.

Selain tukang becak, Pemkot Mojokerto juga memberikan Bansos bagi penyandang disabilitas, anak yatim nonpanti, serta lansia kurang mampu yang disalurkan pada hari berbeda.



Simak Video "Pencairan Bantuan Langsung Tunai di Tasik Berjubel"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)