Video Pak Ribut Viral, Kepsek SD Pagowan Lumajang Sebut Kontennya Proporsional

Video Pak Ribut Viral, Kepsek SD Pagowan Lumajang Sebut Kontennya Proporsional

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 26 Mar 2022 14:21 WIB
Lumajang -

Guru SD di Lumajang Ribut Santoso viral di medsos soal menjelaskan Kaum Sodom. Dalam video viral itu Pak Ribut, sapaan akrabnya, berinteraksi dengan muridnya menjelaskan tentang Kaum Sodom Nabi Luth. Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Pagowan 01, Pasrujambe, Lumajang tempat Pak Ribut mengajar menganggap konten itu wajar.

Kepsek SDN Pagowan 01 Cukup Santoso mengatakan, begitu Pak Ribut viral di TikTok dia mengaku mengumpulkan sejumlah guru dan memintanya turut meneliti konten yang ada di dalam video tersebut.

"Sebelum saya sampaikan dalam rapat pleno itu, saya meminta beberapa teman guru mencarikan buku-buku mata pelajaran yang berkaitan materi video yang viral. Itu pelajaran Agama Islam, ya. Terus saya lihat di beberapa buku, materi itu memang ada untuk Kelas II," ujarnya kepada detikJatim, Sabtu (26/3/2022).

Dia mengatakan, apa yang disampaikan Pak Ribut di dalam video itu wajar karena memang ada di dalam buku materi kelas II. Apalagi menurutnya itu bermula dari pertanyaan siswa. Dia menyadari bahwa keingintahuan siswa kelas II SD memang masih sangat besar.

"Jadi menurut saya itu (Apa yang disampaikan Pak Ribut) tidak berlebihan. Karena di materi itu saya teliti, memang ada penjelasan tentang Kaum Nabi Luth yang kebanyakan perompak, dan juga penyuka sesama jenis. Jadi, penyampaian materi itu oleh Pak Ribut menurut saya juga sudah proporsional," ujarnya.

Dia mengakui, di Dusun Pagowan viralnya video Pak Ribut memang tidak terlalu menghebohkan. Hanya ada dua dari sejumla wali murid sekolah yang menanyakan kepadanya tentang konten Pak Ribut yang viral.

"Karena kami di desa ya. Di desa itu mungkin tidak semua wali murid ber-HP android. Kalau pun ber-HP android mungkin terkendala sinyal atau paket data. Dua wali murid ada menanyakan ke saya, Pak Ribut viral. Kemudian mereka bilang, itu si April itu kok ceplas-ceplos ngomongnya, lucu. Jadi begitu, di desa kami keviralannya biasa-biasa saja. Mungkin yang heboh di (kecamatan) Lumajang," katanya.

Ribut Santoso adalah seorang guru SD. Dia adalah seorang guru tidak tetap (GTT) yang ternyata sudah mengabdi selama 19 tahun. Video penjelasan Kaum Sodom itu viral dan mengundang banyak komentar pro-kontra netizen TikTok, sejumlah video di akun pribadinya R_DancerManagement juga cukup ramai ditonton. Karena itulah dia terus membuat konten serupa. Dia memastikan, proses pengambilan video itu selalu dilakukan di luar jam pelajaran.

Ribut mengaku hanya menjadikan media sosial sebagai media promosi untuk usaha sampingannya, yakni usaha persewaan kostum tari. Usahanya itu sepi karena pandemi COVID-19. Karena tidak banyak kegiatan selain mengajar dia pun iseng-iseng mengunggah video bersama siswanya ke media sosial dan ternyata viral.

(dpe/fat)