Di Pusara Bung Karno, Garda Bangsa Doakan Muhaimin Iskandar Presiden 2024

Erliana Riady - detikJatim
Rabu, 23 Mar 2022 16:21 WIB
Muhaimin Iskandar didoakan jadi presiden di depan Makam Bung Karno
Muhaimin Iskandar didoakan jadi Presiden 2024 di depan Makam Bung Karno (Foto: Erliana Riady/detikJatim)
Blitar -

Ketua Garda Bangsa, Tommy Kurniawan ziarah ke makam Presiden RI pertama Bung Karno di Blitar. Di depan pusara Sang Proklamator, politisi PKB ini mendoakan Muhaimin Iskandar menjadi Presiden RI 2024.

Tommy Kurniawan (Tomkur) datang bersama puluhan relawan Garda Bangsa dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan naik beberapa bus, relawan berkaos hitam dan putih dengan bertuliskan 'Gus Muhaimin Presiden 2024' tiba di areal Makam Bung Karno (MBK) pukul 09.55 WIB.

Rombongan langsung menuju pusara MBK dan mengirimkan doa untuk Putra Sang Fajar. Namun di akhir ziarah, dengan suara agak lantang, Tomkur mengirimkan Al Fatihah untuk almarhum Bung Karno dan doa untuk Muhaimin Iskandar agar menjadi Presiden RI 2024.

"Dengan keikhlasan kita membacakan Al Fatihah untuk almarhum Bung Karno, semoga bisa mengalirkan energi positif agar Gus Muhaimin menjadi Presiden RI tahun 2024," kata Tomkur, Rabu (23/3/2022).

Usai ziarah, Tomkur menjelaskan, kegiatan ziarah dan touring Garda Bangsa sudah dilakukan di enam provinsi. Touring ini sudah digelar sejak 12 Februari dan berakhir 25 Maret 2022.

"Jadi hari ini kita bertepatan berkegiatan di Blitar dan dimulai dari ziarah ke makam Bung Karno. Tujuan kita adalah, Bung Karno sebagai mantan pemimpin Indonesia, deklarator bangsa Indonesia. Kami berharap energi pemimpin presiden mengalir kepada kepada Gus Muhaimin untuk presiden tahun 2024," jelasnya.

Kehadiran Tomkur ke Blitar, sesuai dengan harapan Garda Bangsa untuk menggaet suara kalangan millenial dan Gen-Z. Karena mereka merupakan target konstituen untuk memperjuangkan Gus Muhaimin menjadi Presiden 2024.

"Sebenarnya kami keliling ini untuk menanyakan, apa keinginan dan harapan mereka kepada pemimpin bangsa yang akan datang dan ke depan. Kiprah Gus Muhaimin di kalangan milenial selama ini banyak sekali. Gus Muhaimin bilang, anak muda sekarang banyak berkreasi di dunia maya. Sementara masih terbatas ruang geraknya di dunia nyata," tandasnya.

Dari kesenjangan itu, Tomkur menawarkan kepada generasi milenial bergabung bersama Garda Bangsa. "Ayo bersama dengan Garda Bangsa agar suara mereka bisa terdengarkan dan kita akan langsung sampaikan kepada Gus Muhaimin agar memperjuangkan minat bakat dan inovasi yang mereka akan lakukan. Jadi kami tidak menawarkan, tapi kami juga ingin tahu apa sih harapan mereka itu," tambahnya.

Bagi Garda Bangsa, himbauan PBNU agar kadernya tidak terlibat langsung politik praktis, bagi mereka bukan halangan untuk mendapatkan 50 persen target dukungan. Garda Bangsa mengakui, NU menjadi basis kultural PKB yang sudah digarap maksimal.

Namun yang perlu diingat, setiap pemilu yang menjadi sasaran utama adalah para pemilih pemula, yakni kalangan milenial.

"Nah tugas kami Garda Bangsa untuk menjaring pemilih pemula, anak-anak millenial ini agar aware terhadap Pemilu, perubahan dan mau berjuang bersama Gus Muhaimin," pungkas Sekjen Garda Bangsa, Rodli Kaelani.



Simak Video "Cak Imin di Apel Kebangkitan Indonesia: Kita Siap Nyapres"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)