Jasa Raharja Pastikan Korban Bus Tertabrak KA di Tulungagung Dapat Santunan

Adhar Muttaqin - detikJatim
Minggu, 27 Feb 2022 10:46 WIB
bus tertabrak kereta di tulungagung
Foto: Adhar Muttaqien
Tulungagung -

Bus Harapan Jaya tertabrak kereta api. Lima penumpang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan di perlintasan tak berpalang pintu Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Hervanka Tri Dianto mengatakan pihaknya sudah meninjau lokasi kecelakaan. Tak hanya itu korban yang tengah dirawat di rumah sakit juga telah didata.

Ia menambahkan seluruh korban yang tengah dirawat tersebut tak perlu khawatir. Sebab pihaknya telah memberikan surat garansi kepada rumah sakit selama perawatan.

"Tidak perlu khawatir terkait biaya perawatan rumah sakit, karena Jasa Raharja sudah memberikan surat garansi kepada rumah sakit agar dapat merawat korban yang mengalami kecelakaan tersebut dengan baik," terang Hervanka dalam siaran pers yang diterima detikJatim, Minggu (27/2/2022).

Menurut Hervanka, seluruh korban yang mengalami kecelakaan tersebut terjamin oleh Jasa Raharja sesuai dengan Undang-Undang. Hal ini merupakan bentuk implementasi Program Perlindungan Dasar Pemerintah terhadap warga negara yang mengalami kecelakaan.

Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia, luka-luka dan cacat tetap akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat angkutan lalu lintas jalan baik
di darat, laut maupun udara.

Bagi korban yang meninggal dunia, lanjut Hervanka, para ahli waris mendapat santunan sebesar Rp 50 juta. Sedangkan bagi korban yang mengalami luka-luka mendapat biaya perawatan melalui pihak rumah sakit maksimal sebesar Rp 20 juta.

Saat ini pihak Jasa Raharja tengah mensurvei para ahli waris yang akan mendapat santunan. Hervanka mengaku berbela sungkawa dan prihati dengan kecelakaan tersebut.

"Jasa Raharja tengah melakukan survei kepada ahli waris warga yang meninggal dunia setelah dilakukan pendataan identitas dari masing - masing warga yang mengalami kecelakaan tersebut," jelas dia.

Bus Harapan Jaya nopol AG 7679 US tertabrak kereta api Dhoho tujuan Blitar-Kertosono di perlintasan tak berpalang pintu di Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung pukul 05.16 WIB. Kecelakaan itu menewaskan 4 penumpang bus.

Bus tersebut mengangkut wisatawan yang merupakan rombongan wisata dari sebuah pabrik plastik hendak menuju ke Kota Batu. Namun saat melintas di Ketanon, terjadi lah kecelakaan tersebut.



Simak Video "Polisi Tetapkan Sopir Bus yang Ditabrak Kereta Api Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)