Saat Wali Kota Malang Pamerkan Pasar Oro-Oro Dowo ke Bupati Sidoarjo

Saat Wali Kota Malang Pamerkan Pasar Oro-Oro Dowo ke Bupati Sidoarjo

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 09 Feb 2022 10:18 WIB
pasar oro oro dowo
Wali Kota Malang mengajak Bupati Sidoarjo melihat Pasar Oro-oro Dowo (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali untuk melihat langsung Pasar Oro-Oro Dowo. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penyambutan kunjungan kerja Pemkab Sidoarjo dalam rangka studi pembelajaran terkait pembangunan dan revitalisasi pasar.

"Revitalisasi pasar rakyat kami lakukan dengan tujuan meningkatkan pasar rakyat agar tetap bisa bersaing dengan pasar modern. Seperti dengan menghadirkan pasar rakyat yang nyaman, aman, ramah, berdaya saing, dan inklusif," ujar Wali Kota Sutiaji, Rabu (9/2/2022).

Sejalan dengan itu, Wali Kota Sutiaji menyampaikan bahwa keberpihakan terhadap pasar rakyat terus dikuatkan oleh Pemkot Malang, terlebih dalam menghadapi beragam tantangan di era digital dan disrupsi pandemi demi pemulihan ekonomi daerah.

"Fungsi pembangunan pasar, juga diharapkan tidak hanya mencari keuntungan finansial, akan tetapi menjadi langkah untuk meningkatkan perekonomian perdagangan kecil," urainya.

Wali Kota Sutiaji juga menjelaskan bahwa revitalisasi infrastruktur yang dilakukan Pemkot Malang, diimbangi dengan revitalisasi komponen penting lainnya.

pasar oro oro dowoFoto: Muhammad Aminudin

Seperti mengubah dan membentuk ulang pola pikir pedagang dan masyarakat terhadap pasar rakyat.

"Revitalisasi fisik saja tidak cukup. Karenanya kami tingkatkan pula dengan pembenahan aspek non-fisik," terang Sutiaji.

Ditambahkan Sutiaji bahwa Pemkot Malang menghadirkan berbagai inovasi guna mendukung pembenahan aspek non-fisik tersebut.

Seperti, Sepasar Pedas (Sekolah Pasar Pedagang Cerdas), yang pernah lolos menjadi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020, e-Retribusi yang telah berjalan di 22 pasar rakyat, Pasar Digital yang menerapkan pembayaran non tunai di 10 titik pasar rakyat, maupun Gerakan Sobo Pasar bagi ASN Kota Malang.

Wali Kota Sutiaji juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Sidoarjo beserta rombongannya atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Sidoarjo yang menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja pada hari itu.

"Melalui kegiatan ini juga semoga mampu menopang kemajuan pembangunan diantara kedua daerah, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas layanan kita kepada masyarakat," kata Sutiaji.

Sebelumnya, Walikota Sutiaji, bersama Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Muhamad Sailendra, serta Kepala OPD terkait di Pemkot Malang menerima secara resmi rombongan Pemkab Sidoarjo di Ruang Sidang Balaikota Malang.

Terakhir, Walikota Sutiaji juga mendapatkan apresiasi dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atas penyambutan Pemkot Malang yang telah bersedia memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai pengelolaan pasar rakyat.

"Terima kasih diperkenankan untuk meng-upgrade diri untuk mengubah Sidoarjo lebih baik lagi. Menjadi baik itu wajib. Terima kasih sudah dipersilakan belajar," ujarnya.



Simak Video "Viral Rombongan Gowes Walkot Malang ke Pantai Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)