Banjir Genangi Jalur Selatan Probolinggo Bikin Macet Hingga 5 Km

M Rofiq - detikJatim
Rabu, 26 Jan 2022 21:49 WIB
kemacetan di probolinggo akibat banjir
Macet akibat genangan air di jalan mengular hingga 5 km (Foto: M Rofiq)
Probolinggo -

Banjir menggenangi Jalan Raya Lumajang di Leces, Probolinggo. Genangan air itu membuat kemacetan arus lalu lintas hingga sepanjang 3 km.

Kemacetan mulai dari depan bekas pabrik kertas Leces hingga perlintasan kereta api di Desa Malasan, Tegalsiwalan. Air yang menggenangi jalan berasal dari luberan selokan dan sungai yang tak mampu menampung air hujan.

Kemacetan terjadi sejak pukul 15:00 WIB hingga saat ini. Namun arus lalu lintas tidak sepadat sore tadi. Kendaraan sedikit bisa bergerak meski padat merayap. Kemacetan terjadi karena banyak kendaraan melaju pelan saat melintas di genangan air setinggi 20-25 sentimeter. Polisi terlihat tengah mengatur arus lalu lintas.

Ardi, salah satu relawan mengatakan awalnya kemacetan mengular hingga 5 km. Tetapi saat arus sudah berjalan merayap, kemacetan berkurang hingga menjadi 3 km.

"Hujan deras luapan air hujan menggenangi jalan raya jalur selatan, setinggi 20 sentimeter, membuat kendaraan melaju pelan penyebab kemacetan. Tadi sore sempat macet 5 kilometer, sekarang sudah mencair dan macet saat ini 3 kilometer, petugas dari lalu lintas dan polsek bahu membahu mengatur lalu lintas" ujar Ardi kepada detikJatim, Rabu (26/1/2022).

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ponsen Dadang Martianto mengatakan kemacetan arus lalu lintas di jalur Selatan itu diakibatkan hujan deras yang membuat air dari selokan dan sungai di sekitar jalan meluber ke jalan. Genangan membuat arus lalu lintas sempat macet higga nyaris tak bergerak, namun sekarang sudah bergerak meski merayap.

"Genangan karena luberan air hujan dari luapan sungai dan selokan, membuat genangan di jalan raya jalur Selatan. Saat ini sudah mulai lancar dan bergerak. Petugas dari Satlantas Polres Probolinggo dan dibantu polsek-polsek mengatur lalu lintas. Saat ini sudah mulai mencair dan bergerak," kata Dadang.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)