Jembatan Ambrol Diterjang Banjir, Ribuan Warga Desa di Probolinggo Terisolir

M Rofiq - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 22:22 WIB
Warga menanyakan kabar keluarganya yang terisolir di pinggir sungai.
Warga menyapa keluarganya yang terisolir di tepi sungai/Foto: M Rofiq
Kabupaten Probolinggo -

Ribuan kepala keluarga (KK) di desa di Kabupaten Probolinggo ini terisolir. Penyebabnya karena jembatan utama desa ambrol usai diterjang banjir dari lereng Gunung Argopuro.

Ratusan KK itu terdapat di Desa Andung Biru, Kecamatan Krucil sebanyak 1.500 KK dan di Desa Sumber Duren, Kecamatan Tiris sekitar 45 KK.

Jembatan yang ambrol merupakan akses utama warga untuk melintasi sungai Pekalen. Dengan putusnya jembatan itu, maka kegiatan ekonomi maupun lainnya warga menjadi terhenti.

Buhari (35), salah satu warga mengungkapkan sejak jembatan ambrol, dirinya sudah tak bisa mengunjungi kedua orang tuanya. Sebab, sungai Pekalen saat ini masih berarus deras dan belum bisa diseberangi.

Untuk berkomunikasi dengan warga yang terisolir, lanjut Buhari, warga hanya saling berteriak di tepi sungai saat menanyakan kabar. Untuk itu, ia berharap pemerintah setempat segera memperbaiki jembatan yang rusak.

"Berharap pemerintah segera memperbaiki dan membangun jembatan yang lebih aman dan kuat, agar kalau ada banjir tidak rusak kembali," harap Buhari kepada detikJatim, Sabtu (21/1/2022).

Menurut Buhari, sejak terisolir warga dari 2 desa dan kecamatan saat ini terancam tidak bisa memasarkan hasil pertaniannya. Ia khawatir jika jembatan tak segera diperbaiki akan membawa dampak ekonomi. Tak hanya itu, puluhan pelajar juga terancam tak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Hasil pertanian warga seperti kopi, sayur mayur tidak bisa dijual. Dan jika jembatan tidak segera diperbaiki dan dibangun kembali maka perekonomian warga lumpuh," ujar Buhari.

Rahmad Waluyo, Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo dan timnya mengaku telah meninjau lokasi. Usai meninjau kini pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait agar bisa memperbaiki jembatan yang rusak segera mungkin.

"BPBD sudah meninjau lokasi jembatan putus dan jembatan rusak akibat diterjang banjir dari sungai Pekalen, dan akan segera melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait untuk segera membangun jembatan semi permanen yang lebih bagus. Alhamdulillah peristiwa banjir ini tidak ada korban jiwa dan rumah yang rusak," kata Waluyo.



Simak Video "Rombongan Grup Musik Debu Kecelakaan di Tol Probolinggo, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)