125 Hektare Sawah di Desa Rejoso Lor Pasuruan Rusak Dampak Banjir

Muhajir Arifin - detikJatim
Minggu, 23 Jan 2022 23:16 WIB
125 Hektare Sawah di Desa Rejoso Lor Pasuruan Rusak Dampak Banjir
Banjir di Pasuruan rusak ratusan hektare sawah (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Banjir di Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, surut. Namun ratusan hektare sawah rusak terendam banjir di Pasuruan selama 6 hari.

"Kerugian akibat banjir yang jelas pada pertanian, gagal panen semua ini. Kurang lebih 125 hektare," kata Kades Rejoso Lor, Robert, Minggu (23/1/2022).

Banjir di Desa Rejoso Lor salah satu yang paling parah di Pasuruan. Banjir melanda desa ini sejak Senin malam hari mencapai satu meter. Hari ini banjir surut, hanya tinggal genangan di berapa titik.

"Sejak kemarin kami lakukan pemompaan dengan pompa milik Pemprov. Hari ini surut," terang Robert.

Aktivitas warga berangsur normal. Sebanyak 156 kepala keluarga (KK) yang sebelumnya mengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing.

"Kalau kerugian material lain belum kami hitung secara detil. Yang jelas ya itu, pertanian," pungkas Robert.

Sebelumnya, 3 desa yag masih terendam itu adalah Desa Rejoso Lor, Kedungbako dan Jarangan. Di Desa Rejoso Lor bahkan air masih mencapai ketinggian 60 cm setelah 5 hari berlalu.

Camat Rejoso, Ahmad Hadi menyebut ada 2.000 orang lebih yang mengungsi saat terjadi banjir. Namun jumlah itu kini telah menurun menjadi 447 orang karena sejumlah wilayah sudah surut.

Hadi menambahkan pengungsi terbanyak berasal dari Desa Rejoso Lor. Karena air belum surut, mereka kini masih bertahan di posko pengungsian di kantor desa.

Banjir di Rejoso terjadi sejak Senin (17/1) malam lalu akibat luapan Sungai Rejoso. Luapan sungai itu kemudian membanjiri belasan desa di Kecamatan Grati, Winongan dan Rejoso. Namun hingga hari kelima ini, air yang merendam di Rejoso masih belum surut. Padahal di di Grati dan Winongan telah surut.



Simak Video "Warga Terdampak Banjir Rob Semarang Keluhkan Gatal-Mual"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)