Menakar Kesiapan Ridwan Kamil Pimpin Otorita IKN Nusantara

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 19:59 WIB
ridwan kamil
Ridwan Kamil (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Nama Ridwan Kamil (RK) mencuat menjadi salah satu kandidat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim. Karena latar belakangnya sebagai kepala daerah dan arsitek sesuai kriteria yang disampaikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Namun, Ridwan Kamil mengaku belum ada komunikasi dengan Presiden Jokowi terkait jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara. Oleh sebab itu, ia belum bisa berkomentar lebih jauh karena khawatir keliru.

"Saya belum ada komunikasi, kalau saya jawab nanti salah kan malu ya. Kan arsitek yang kepala daerah ada Bu Risma, ada Wali Kota Makasar (Ramdhan Pomanto). Jadi, saya belum bisa berkomentar terlalu jauh. Kita berdasarkan fakta saja, faktanya belum ada komunikasi yang bisa saya sampaikan," kata RK usai berziarah ke makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jumat (21/1/2022).

Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil ini tak menampik kemampuannya sebagai arsitek menghasilkan sejumlah bangunan. Namun, terkait sosok Kepala Otorita IKN Nusantara, ia memilih menunggu pengumuman dari Presiden Jokowi.

"Hidup kan harus berkarya. Jadi pemimpin itu kan bukan hanya gunting pita seremoni kan, harus ada masyarakatnya bahagia, infrastrukturnya membaik. Jadi, kita tunggu saja Pak Jokowi mengumumkan, tapi saya tidak mau salah tanggap kan," terangnya.

Disinggung terkait kesiapannya seandainya diminta Presiden Jokowi memimpin IKN Nusantara, Kang Emil memilih akan lebih dulu mempertimbangkan matang-matang. "Tentu harus dipertimbangkan matang-matang. Karena posisi saya sekarang kan masih Gubernur Jawa Barat ya, ada tanggung jawab juga," cetusnya.

Staf Peneliti di Pusat Riset Politik-Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN), Wasisto Raharjo Jati menilai sosok calon Kepala Otorita IKN yang dimaksud Presiden Jokowi adalah Ridwan Kamil. Karena dengan menjadikan Kang Emil pemimpin IKN, Jokowi diprediksi ingin Gubernur Jabar itu mempunyai daya tawar terhadap parpol.

Kang Emil sendiri menyatakan telah berusaha dan siap maju sebagai capres 2024. Meski begitu, RK masih belum menentukan parpol mana yang bakal membawanya ke kancah Pemilu.

"Lahir batin kan sudah siap (maju Pilpres). Masalah nanti warnanya (partai) apa, itu Allah yang tentukan," kata Ridwan Kamil setelah menghadiri sebuah acara di wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/1) petang.

Sehari kemudian, Rabu (19/1), Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya di depan pemimpin redaksi media massa nasional. Dia ingin IKN bernama Nusantara di Kaltim dipimpin sosok dengan latar belakang kepala daerah dan arsitek.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1).



Simak Video "Ridwan Kamil Kode Siap Pimpin Ibu Kota Nusantara?"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)