Ridwan Kamil Silaturahmi dan Beri Bantuan ke Ponpes Lirboyo Kediri

Andhika Dwi Saputra - detikJatim
Kamis, 20 Jan 2022 21:08 WIB
ridwan kamil di ponpes lirboyo
Ridwan Kamil di Ponpes Lirboyo (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) sowan ke Ponpes Lirboyo Kediri. RK mengaku kedatangannya hanya untuk bersilaturahmi dan memberikan bantuan.

Kedatangan RK disambut pengasuh pondok yang di antaranya adalah KH Anwar Mansyur, KH Kafabihi Mahrus dan KH An'im Falahudin Mahrus, anggota DPR RI dari Fraksi Kebangkitan Bangsa.

Bertempat di aula dalam yang terletak di Halaman masjid, RK berdiskusi dengan para kiai tentang pengembangan pesantren di Jawa Barat. Menurut RK, sistem pembelajaran santri di Jawa Barat telah menggunakan digital, termasuk kitab kuning digital.

ridwan kamil di ponpes lirboyoFoto: Andhika Dwi Saputra

Di sana, Ridwan Kamil mendorong para pesantren melakukan inovasi. Setiap pesantren ditarget memiliki satu inovasi. Saat ini sudah terdapat 2.300 pesantren di Jawa Barat yang memiliki produk.

"Di Jawa Barat jumlah pesantrennya lebih besar dari pada Jawa Timur. Namun jumlah santri Jawa timur lebih besar. Kebetulan 10 persen santri Pondok Pesantren Lirboyo ini dari Jawa Barat. Kami titip mereka belajar di sini," jelas RK, Kamis (20/1/2022).

RK juga terlihat kaget saat mengetahui jika di Jawa Barat juga terdapat Pondok Pesantren Lirboyo. Lokasinya ada di Kabupaten Majalengka. RK berjanji akan membantu mengembangkan pondok pesantren tersebut sebagai alternatif mondok warga Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, RK menyerahkan bantuan senilai Rp100 juta kepada Ponpes Lirboyo. Sebelum meninggalkan tempat, RK mendapat bingkisan dari KH Anwar Manshur berupa buku fiqih kebangsaan.

Selain bersilaturahmi kepada pengasuh ponpes, RK juga menyempatkan diri bertemu para santri asal Jawa Barat. Selain menanyakan kondisi mereka, RK juga memberikan beberapa nasihat kepada para santri.

"Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Belajar yang rajin, karena niatnya belajar harus lulus dengan hasil baik. Hubungi orang tua, dan jaga nama baik Jawa Barat," pungkas RK.



Simak Video "Dubes RI untuk Swiss: Sungai Aare Memang Tempat Wisatawan Berenang"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)