DPC Demokrat Banyuwangi Yakini Emil Dardak Terpilih Ketua PD Jatim

Ardian Fanani - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 20:10 WIB
emil dardak dan bayu airlangga
Emil Dardak vs Bayu Airlangga (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Banyuwangi -

Musda DPD Partai Demokrat bakal digelar di Surabaya, Kamis (20/1/2022). Dalam Musda IV, rencananya kader partai berlambang mercy ini bakal memilih bakal calon kandidat pemimpin di tingkat provinsi terlebih dulu.

Meski begitu, Banyuwangi sendiri yakin Emil Listianto Dardak bakal terpilih menjadi bakal calon yang diajukan ke DPP Partai Demokrat.

Sekjen DPC Demokrat Banyuwangi, Julis Setyo Puji Rahayu mengatakan, Musda kali ini tidak langsung memilih ketua DPC dengan pemilihan suara terbanyak. Namun memilih bakal calon ketua DPC dengan minimal dukungan 20 persen dari DPC yang ada di Jatim.

"Sesuai dengan arahan Ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat Herman Khaeron, pelaksanaan musda kali ini tidak memilih ketua, melainkan mengusulkan bakal calon (bacalon), menetapkan elemen formatur, dan keputusan-keputusan lainnya. Kemudian sidang musda mengusulkan nama calon, maksimal tiga nama calon, dan sedikitnya satu calon ke Tim 3 DPP dalam hal ini ketua umum, sekretaris jenderal, dan ketua BPOKK untuk mengikuti tahap pascamusda," ujarnya kepada Detikjatim, Rabu (19/1/2022).

Selanjutnya, kata Julis, para bakal calon bakal mengikuti tahap uji kelayakan dan kepatutan dengan materi pokok visi, misi, dan program kerja calon. Sehingga menghasilkan pimpinan yang betul-betul kredibel dan berintegritas, serta dapat mengerakkan mesin partai di daerahnya masing-masing," katanya.

Saat ini, kata Julis, ada dua nama yang sedang ramai dukungan. Tapi belum tentu keduanya akan maju menjadi bakal calon ketua DPD Demokrat.

"Saat ini memang saling klaim itu wajar. Ada Mas Emil dan Mas Bayu. Mudah-mudahan keduanya terpilih dan bisa maju di tahap berikutnya," tambahnya.

Ditanya tentang dukungan DPC Demokrat dalam Musda kali ini, Julis tak menampik jika nama Emil Dardak menjadi kandidat calon yang didukung. Hal ini karena kiprah Wakil Gubernur Jatim ini sudah nyata memajukan partai.

"Kinerja mas Emil susah nyata. Meski kami tidak terang-terangan mendukung, tapi semua pasti tau ke arah mana kita. Apalagi mas Emil ini kan Plt, tentu DPP juga sudah punya nilai tersendiri terhadap mas Emil," pungkasnya.

Jajaran Partai Demokrat bakal melanjutkan musyawarah daerah, kali ini pengurus Demokrat Jawa Timur. Dua kubu siap bertarung, yakni Sekretaris Plt DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.



Simak Video "AHY Buka Suara soal Diduetkan Bareng Anies di Survei Pilpres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)