5 Tips Backpacker ke Semarang Plus 7 Rekomendasi Wisata Alam Murah

5 Tips Backpacker ke Semarang Plus 7 Rekomendasi Wisata Alam Murah

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 16 Sep 2022 01:04 WIB
Eling Bening
Eling Bening dari atas. Foto: dok. Eling Bening
Semarang -

Buat kamu yang punya rencana backpacker ke Semarang, berikut sederet tips yang bisa disiapkan sebelum berangkat. Selain tips menghemat anggaran selama bertualang, di sini juga ada rekomendasi wisata alam murah di Semarang dan spot gratis yang tak kalah menawan.

5 Tips Backpacker ke Semarang

1. Bawa barang secukupnya
2. Bawa air minum sendiri
3. Siapkan rencana perjalanan
4. Pilih transportasi umum atau jalan kaki
5. Dokumen penting jangan sampai ketinggalan.

Dari 5 tips di atas, poin nomor 3 perlu kamu persiapkan secara matang. Berikut rekomendasi 7 destinasi wisata alam yang patut kamu pertimbangkan dalam Menyusun rencana backpacker ke Semarang.


7 Wisata Alam Murah di Semarang

1. Brown Canyon

Brown Canyon merupakan bekas penambangan di tanah Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasi ini populer di media sosial karena sekilas seperti miniatur Grand Canyon di Amerika. Banyak konten foto dan video keren di medsos yang dibuat di Brown Canyon Semarang.

Namun, Brown Canyon belum sepenuhnya menjadi tempat wisata karena masih ada aktivitas penambangan di lokasinya. Tak heran kalau destinasi ini gratis dan tidak ada memiliki fasilitas penunjang wisata.

2. Curug Lawe

Curug ini berada di lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang. Konon, jumlah air terjun di sini, dari besar hingga kecil, berjumlah 25 atau selawe dalam bahasa Jawa..

Dalam perjalanan ke Curug Lawe, kamu akan melewati jalan hutan nan asri dengan pemandangan puncak Gunung Ungaran. Di sini juga ada satu ikon yaitu Jembatan Romantis. Curug Lawe buka tiap hari pukul 06.00-14.00 WIB. Tiket masuknya Rp 8.000.

3. Eling Bening

Eling Bening adalah resor di puncak bukit dengan pemandangan 8 puncak gunung hingga hamparan Rawa Pening. Eling Bening berada di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang.

Terdapat berbagai fasilitas menarik di Eling Bening seperti kolam renang berlatar pemandangan alam Ambarawa. Di sini juga tersedia camping ground.
Eling Bening buka tiap hari jam 07.00-18.30 WIB. Tiap Senin-Kamis tiketnya Rp 25.000. Sedangkan Jumat-Minggu tiketnya Rp 30.000. Tiket masuk kolam renang Rp 20.000.

Tiga destinasi wisata lainnya silakan baca di halaman selanjutnya...