5 Tempat Jogging di Semarang yang Bisa Anda Coba

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 19 Agu 2022 00:00 WIB
Beautiful female jogger putting protective mask on her face to protect herself from virus or allergy infection. Sunset in background.
Ilustrasi jogging. Foto: Getty Images/iStockphoto
Solo -

Olahraga merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat demi menjaga kebugaran jasmani dan imunitas tubuh. Pada masa kini, masyarakat condong memilih tipikal olahraga yang praktis dikarenakan faktor waktu yang padat karena aktivitas lain seperti pekerjaan.

Salah satu olahraga yang dinilai praktis dan mudah dilakukan adalah jogging. Cukup bermodalkan sepatu dan pakaian olahraga saja sudah bisa melakukan kegiatan ini.

Jogging juga cukup diminati karena selain bisa mengajak orang terdekat seperti pasangan, keluarga, ataupun teman, juga dapat dilakukan tanpa memungut biaya.


Kota atau domisili tempat tinggal masyarakat biasanya telah menyediakan fasilitas umum yang mendukung kebutuhan olahraga secara gratis. Tempat seperti taman, stadion, atau jogging track menjadi alternatif masyarakat untuk berolahraga terutama di akhir pekan.

Adanya fasilitas seperti ini sangatlah penting bagi masyarakat urban perkotaan yang biasanya kesulitan dalam mencari ruang terbuka karena keberadaanya terbatas. Seperti halnya di Semarang, sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah yang kepadatan penduduknya sudah tinggi.

Bagi kamu yang tinggal di Semarang dan masih bingung dalam mencari fasilitas umum untuk berolahraga jogging, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat yang mungkin bisa kamu coba:

1. Jogging Track Undip

Universitas Diponegoro merupakan kampus ternama di Semarang yang fasilitasnya tergolong lengkap. Kampus ini termasuk sudah menyediakan ruang terbuka untuk aktivitas olahraga, tidak hanya untuk civitas akademiknya saja melainkan juga untuk umum.

Khusus bagi yang ingin berolahraga jogging, dapat mencoba di jogging track Universitas Diponegoro yang terletak di Tembalang.

2. GOR Tri Lomba Juang

Kompleks olahraga ini terletak di Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Fasilitas ini terbuka untuk umum dengan fasilitas lapangan & trek lari, plus arena tenis & panjat tebing.

3. Taman Indonesia Kaya

Selain terdapat panggung pertunjukan untuk seni dan kebudayaan, Taman Indonesia Kaya ini bisa dimanfaatkan oleh warga Semarang untuk melakukan aktivitas jogging. Adanya ruang hijau yang asri sangat mendukung aktivitas outdoor termasuk olahraga jogging.

Taman ini berlokasi di jantung kota, tepatnya Jalan Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Banjir Kanal Barat Semarang

Bagi yang ingin berolahraga jogging sambil menikmati suasana syahdu di pinggir sungai, Banjir Kanal Barat Semarang menjadi pilihan tepat bagi warga Semarang. Seperti yang pernah dilansir detikTravel, tepi sungai BKB Semarang ini sering dipergunakan warga untuk bersantai dan berolahraga tiap pagi dan sore.

Kanal banjir ini terletak di Jl. Gedung Batu Tim. No.203 G, Ngemplak Simongan, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Taman Pandanaran

Taman yang memiliki letak strategis di tengah kota ini juga cocok menjadi alternatif untuk jogging. Adanya ikon naga dan pemandangan rindang cocok untuk spot foto bisa menjadi daya tarik untuk mengajak rekan berolahraga.

Selain itu, terdapat pula fasilitas seperti keran air minum yang steril, toilet, dan bangku untuk beristirahat sejenak. Tempatnya dekat juga dengan GOR Tri Lomba Juang, Simpang Lima, dan beberapa mall. Berlokasi tepatnya di Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah.



Simak Video "Asyik! Jogging di Atap JIS Sambil Lihat Pemandangan Laut & Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)