Napak Tilas 155 Tahun Kereta Api di Indonesia, Ada Pesta Kostum-Fashion Show

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 15:12 WIB
Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022)..
Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng
Semarang -

Pesta kostum digelar untuk memperingati 155 tahun perjalanan kereta api di Indonesia hari ini. Para peserta juga melakukan napak tilas jalur rel pertama sepanjang 25 km dari Stasiun Tawang Semarang hingga Stasiun Tanggung Grobogan.

Napak tilas itu diikuti oleh 180 orang dari berbagai komunitas mulai dari pecinta kereta api, komunitas sejarah, jajaran pekerja KAI, hingga pensiunan pegawai KAI. Beberapa di antara mereka memakai kostum-kostum penduduk zaman kolonial.

Bahkan ada yang ber-cosplay menjadi Presiden Sukarno atau Bung Karno dan Jenderal Soedirman. Yang lainnya berkostum seperti Noni Belanda, Meneer, warga lokal dengan kostum kuno, dan sebagainya.


Para peserta melakukan perjalanan dengan gerbong yang ditarik lokomotif livery vintage melewati jalur yang dibuka sejak 10 Agustus 1867 itu. Peserta sempat berhenti di Stasiun Alastua, Brumbung, dan tujuan akhir di Stasiun Tanggung. Di Stasiun Tanggung digelar seminar sejarah perkeretaapian yang dibawakan oleh Sejarawan Kota Semarang, Tjahjono Rahardjo.

Di akhir acara juga digelar fashion show di mana peserta pesta kostum melakukan cat walk di samping Stasiun Tanggung. Cosplayer Bung Karno dan lainnya itu melenggang bergantian layaknya model.

Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022)..Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022).. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng

Kepala Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo, mengatakan Semarang merupakan kota perkeretaapian yang penting karena kehadiran kereta api di Indonesia dilakukan di sana. Pencangkulan pertama pembangunan jalur kereta dilakukan tahun 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr LAJ Baron Sloet Van den Belee.

"Pembangunan jalur kereta api dengan lebar sepur 1.435 mm ini dilaksanakan oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Lintas Semarang sampai Tanggung dirampungkan pada 10 Agustus 1867. Semarang dapat dikatakan sebagai kota kereta api penting, tempat kelahiran kereta api di Indonesia," kata Wisnu di Stasiun Tanggung, Grobogan, Rabu (10/8/2022).

"Kita bangga melakukan napak tilas ini dan diharapkan dapat sebagai pengingat sejarah perkeretaapian serta menjadi penyemangat untuk lebih memberikan pelayanan dan inovasi terbaik untuk para pelanggan kereta api ke depannya," imbuhnya.

Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022)..Suasana pesta kostum dan napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia yang digelar Daop 4 Semarang, Rabu (10/8/2022).. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikJateng

Salah satu peserta pesta kostum, Santi Maria Ekawati, merasa antusias dengan acara tersebut. Ia memilih memakai pakaian Noni Belanda karena kental dengan suasana masa kolonial dulu. Namun pada intinya Santi ingin mengenang jasa pendahulu termasuk dalam mewujudkan perkeretaapian Indonesia.

"Iya ini saya pakai pakaian ala Noni. Intinya kami berterima kasih kepada para pejuang. Kami bersyukur bisa melakukan napak tilas ini, semoga perkeretaapian Indonesia makin maju dan banyak diminati masyarakat," kata perempuan yang juga menjabat sebagai Junior Manager SDM Daop 4 Semarang itu.



Simak Video "KAI Expo 2022 Suguhkan 77 Ribu Promo Tiket Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)