Akhiri Pro-Kontra, Pemberlakuan Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu Ditunda!

Tim detiknews - detikJateng
Kamis, 09 Jun 2022 13:58 WIB
Makanan di relief Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto: iStock)
Solo -

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menunda rencana menaikkan tarif tiket naik ke Candi Borobudur yang semula akan diberlakukan sebesar Rp 750 ribu. Alasannya masih menimbang-nimbang angka yang pas sesuai tarif destinasi wisata dunia lainnya.

"Jadi soal tiket itu saya kira kita hold aja dulu. Kita lihat lagi nanti gimana baiknya," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari detiknews, Kamis (9/6/2022).

Luhut sendiri belum bisa memastikan berapa besaran tarif yang dinilai pantas untuk naik ke Candi Borobudur. Alasannya adalah masih perlu mendengarkan pendapat masyarakat serta membandingkan dengan harga destinasi wisata dunia lainnya.


"Ya kita lihat nanti, kita dengarkan lagi pendapat masyarakat. Tapi itu sudah kita bandingkan dengan seluruh dunia, ya harganya kira-kira segitu," ujar Menko Luhut.

Luhut mengatakan evaluasi pengelolaan Candi Borobudur berlangsung selama 1 tahun. Setelahnya akan diambil keputusan.

"(Dijawab setahun lagi) Setahun lagi," tegas luhut.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk bersikap yang proporsional dalam menanggapi rencana pemerintah mengatur ulang harga tiket masuk Candi Borobudur tersebut.

"Jadi kita jangan jadi bangsa yang nyinyir gitu lho," imbuhnya.

Timbulkan Keributan


Sementara itu seperti dikutip dari detikfinance, Luhut mengatakan keputusan menunda kenaikan tarif masuk Candi Borobudur itu karena ribut di tengah masyarakat terkait pro dan kontra.

Padahal, menurut Luhut, kebijakan kenaikan tiket tersebut merupakan hasil kajian dan studi yang komprehensif, termasuk melibatkan lembaga dunia UNESCO.

"Jadi mengenai Borobudur itu kita studi komprehensif, UNESCO itu di situ, dan angka itu keluar. Karena ribut-ribut semua, ya udah deh, tunda aja dulu deh. Nanti kita laporkan lagi," ungkap Luhut.



Simak Video "Respons Turis Lokal dan Asing soal Harga Tiket Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/rih)