Asyiknya Ngabuburit nan Instagramable di SvargaBumi Borobudur

Eko Susanto - detikJateng
Sabtu, 02 Apr 2022 18:43 WIB
Suasana ngabuburit di SvargaBumi Borobudur.
Suasana ngabuburit di SvargaBumi Borobudur. (Foto: dok. istimewa)
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur, ada destinasi wisata menarik bernama SvargaBumi Borobudur. Wisata di tengah lahan persawahan ini cocok untuk menjadi lokasi ngabuburit saat puasa Ramadan.

Selama Ramadan, Svargabumi menggelar event bertajuk 'Ngabari Bu Mi' (Ngabuburit Bareng di SvargaBumi). Event ini berlangsung sejak Senin (4/4) hingga Minggu (1/5) mendatang, setiap pukul 16.00 sampai 20.00 WIB.

Adapun tiket masuk menuju lokasi Ngabari Bu Mi ini, sebesar Rp 50.000. Fasilitasnya, pengunjung bisa swafoto sepuasnya di sejumlah spot foto yang instagramable. Selain itu, pengunjung bisa menikmati Pasvar Bumi selama Ramadan nanti.


Adapun Pasvar Bumi, merupakan sebuah pasar di tengah persawahan menjajakan berbagai macam makanan dan minuman menjelang buka puasa. Keunikan dari Pasvar Bumi, dimana pembayarannya menggunakan Kremo, yaitu kreweng modern.

"Pada bulan Ramadan ini kami menjual paket ngabuburit, dimana tidak hanya menu buka puasa yang ditonjolkan. Lebih dari itu, kami mengemas wisata sawah SvargaBumi agar menjadi destinasi utama masyarakat Magelang untuk menunggu waktu buka puasa," kata Dora Lina Bineri, pemilik DG Organizer dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (2/4/2022).

"Secara garis besar konsep dari Pasvar Bumi terinspirasi dari Pasar Papringan yang ada di Temanggung. Makanan dan minuman yang dijual di Pasvar Bumi merupakan produk UMKM Borobudur dan sekitarnya," ujar Dora.

Dora menambahkan, memberikan kesempatan bagi kelompok kesenian maupun komunitas lainnya untuk tampil selama kegiatan berlangsung. "Dengan adanya kegiatan ini masyarakat Borobudur diharapkan memiliki wadah untuk berkarya dan berkreasi," imbuh Dora.

Sementara itu, salah satu pemilik Svargabumi, Basuki Kusananto menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi titik kebangkitan pariwisata setelah lama tertidur karena pandemi.

Pihaknya mengaku optimis kegiatan ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Magelang. Terlebih kegiatan ini melibatkan UMKM dan komunitas di Borobudur.

"Saya yakin masyarakat pasti kangen ngabuburit dan haus hiburan karena 2 kali Ramadan diberlakukan PPKM. Semoga saja Ngabari Bu Mi bisa memberikan apa yang sudah lama dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.



Simak Video "Wisata Sambil Belajar Proses Budidaya Jamur Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/aku)