Bangunan Liar di Tepi Rawa Jombor Klaten Disapu Bersih Mulai Hari Ini

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Jumat, 25 Mar 2022 12:17 WIB
Tim gabungan membersihkan bangunan di tepi Rawa Jombor.
Tim gabungan membersihkan bangunan di tepi Rawa Jombor. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng.
Klaten -

Tim gabungan Satpol PP, BBWSBS, TNI, Polri, dan Muspika melakukan pembersihan kawasan Rawa Jombor Klaten dari bangunan liar.

Satgas dan staf Operasional Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Suryadi mengatakan, pembersihan tersebut untuk revitalisasi serta penataan waduk dan rawa.

"Ini penataan beberapa waduk dan rawa di Solo dan sekitar. Ditata biar rapi karena (bangunan) berdiri di daerah larangan semua, termasuk warung di atas rawa," kata Suryadi kepada detikJateng di lokasi, Jumat (25/3/2022).


Suryadi menerangkan, bangunan-bangunan itu mengganggu fungsi rawa dan waduk untuk irigasi dan pariwisata. "Jadi semua yang ada di sempadan dan atas rawa kita bersihkan secepatnya," imbuh Suryadi.

Tim gabungan membersihkan bangunan di tepi Rawa Jombor.Tim gabungan membersihkan bangunan di tepi Rawa Jombor. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Penataan semacam itu tidak hanya di Rawa Jombor, tapi juga di daerah lain seperti Waduk Cengklik. Suryadi menambahkan, saat ini revitalisasi terus dilakukan.

"Pembangunan infrastruktur sudah dilakukan di tepi rawa. Nantinya juga untuk jogging track bagi masyarakat. Tahun ini ada tambahan paving lagi," papar Suryadi.

Kasatpol PP Pemkab Klaten Joko Hendrawan mengatakan, pembersihan dilakukan pada bangunan di tepi rawa. Termasuk sisa bangunan warung apung yang sudah pindah.

"Kita bersihkan hari ini untuk bangunan di tepi rawa. Selain itu sudah ada teguran bagi warung yang masih nekat," jelas Joko.

Camat Bayat, Joko Purwanto, mengatakan pembersihan dilakukan bertahap mulai hari ini.

"Kita sudah berikan sosialisasi, hari ini dibongkar bertahap. Hari ini tidak mungkin bersih semua karena keterbatasan tenaga," kata Joko kepada detikJateng.

Pemilik warung apung, Hadi Sumitro, mengaku tidak masalah bangunan dan warung dibersihkan.

"Dibersihkan tidak masalah, karena pemerintah juga membangun taman dan lainnya. Saya pertama kali yang membersihkan warung sendiri ," kata Hadi kepada detikJateng.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)