Iwan Bule Janjikan Timnas U-16 Rp 500 juta dan TC Luar Negeri, Tapi...

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 09:32 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) malam.
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) malam. Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng
Sleman -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule menjanjikan bonus Rp 500 juta untuk Timnas U-16 Indonesia setelah memenangi piala AFF U-16. PSSI juga akan mengupayakan Timnas U-16 ikut training camp (TC) di luar negeri.

"Bonusnya pertama kan Rp 100 juta, kemarin Rp 150 juta, dan kali ini alhamdulillah Rp 500 juta untuk anak-anak (Timnas U-16)," kata Iwan Bule di stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.

Selain itu, Iwan Bule mengaku tengah merencanakan TC Timnas U-16 ke luar negeri. Namun, saat ini Iwan Bule memilih mematangkan dulu tim tersebut di Indonesia.


"TC luar negeri dalam road map kita nanti, beliau (Menpora) sangat mendukung. Mungkin kita matangkan di dalam negeri dulu. Karena kalau ke luar negeri harus ke negara yang kuat, seperti Vietnam sebulan di Jerman, sehingga bisa ke negara-negara seperti Spanyol, Belanda atau sebagainya," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) RI Zainudin Amali mendukung penuh pengembangan sepak bola Indonesia. Karena itu, pihaknya tengah mengupayakan Timnas U-16 agar bisa TC ke luar negeri

"Tentang TC luar negeri kan untuk pembinaan jangka panjang. Sebagaimana diketahui untuk unsur sepak bola ada Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 3 Tahun 2019 dan akan kita jalankan itu," ujarnya.

"Jadi dari usia dini, U-16, dan tinggal koordinasi dengan PSSI. Semoga dengan dukungan semua pihak kita bisa menjalankan Instruksi Presiden tersebut," imbuh Zainudin.

Sebelumnya, Timnas U-16 Indonesia dapat bonus setelah mengalahkan Vietnam di Piala AFF U-16 2022. PSSI mengguyur tim asuhan Bima Sakti itu Rp 100 juta.

Timnas U-16 menjadi juara grup setelah menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Sebelumnya, Timnas U-16 mengalahkan Vietnam 2-1 setelah sempat tertinggal 0-1, Sabtu (6/8).

Saat itu Vietnam sempat unggul lewat tendangan penalti Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41. Tapi Timnas U-16 bisa membalas lewat dua gol di awal babak kedua yang dicetak Arkhan Kaka Putra Purwanti dan Nabil Asyura.

"Kami memberikan bonus Rp 100 juta untuk Timnas U-16 hasil dari kemenangan melawan Vietnam. Terima kasih kepada anak-anak sudah menampilkan yang terbaik. Dua gol kelas, dua gol dari kerja sama yang baik. Luar biasa," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.



Simak Video "Komisi X Sentil PSSI soal Flare di Laga Timnas: Pakai Standar FIFA! "
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)