Piala AFF U-16

Menang Adu Penalti, Bima Sakti Sebut Pemain Masih Sering Buang Peluang

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 00:19 WIB
Semifinal Piala AFF U-16 Indonesia vs Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022).
Semifinal Piala AFF U-16 Indonesia vs Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Sleman -

Timnas Indonesia U-16 menang dramatis lewat drama adu penalti melawan Myanmar U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, malam ini. Indonesia menang 5-4 di babak adu tos-tosan setelah 90 menit bermain imbang 1-1.

"Pertama kita bersyukur bisa menang, saya juga mohon maaf kepada suporter yang hadir pada penonton di rumah mungkin agak sedikit menegangkan tapi alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan. Inilah sepak bola," kata pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti seusai laga, Rabu (10/8/2022).

Bima menyebut permainan Myanmar mengandalkan parkir bus. Hal ini lah yang menyulitkan Garuda Asia mengejar gol di babak pertama.


"Mereka bermain kelihatan parkir bus di belakang sehingga kita di babak pertama agak kesulitan menembus pertahanan mereka dan bahkan kita kecolongan kalah 1-0 di babak pertama," ujarnya.

Namun, dia mengatakan perubahan strategi di babak kedua membuat perbedaan. Walaupun gol Indonesia dicetak lewat skema tendangan bebas, namun permainan Indonesia sangat dominan.

"Tapi di babak kedua kita komunikasi ke pemain kita ubah formasi tiga di belakang dan kita tambah dua striker di depan alhamdulillah kita bisa cetak gol," ujarnya.

Bima pun melihat masih banyak pemain yang menyia-nyiakan peluang di depan gawang. Ini lah yang menjadi catatannya.

"Dan sebenarnya tadi masih banyak sebenarnya kesempatan harus kita manfaatkan lagi, mudah-mudahan ini tidak terulang melawan Vietnam," pungkasnya.

Indonesia bakal menghadapi Vietnam di final Piala AFF U-16 2022. Laga final bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8).



Simak Video "Momen Jokowi Bertemu Timnas U-16 Sebelum Upacara HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/ahr)