Desa Asal Bagas Kaffa-Bagus Kahfi Dicanangkan sebagai Kampung Bola

Eko Susanto - detikJateng
Selasa, 24 Mei 2022 18:48 WIB
Pencanangan Kampung Bola di desa asal Bagas Kaffa-Bagus Kahfi, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (24/5/2022).
Pencanangan Kampung Bola di desa asal Bagas Kaffa-Bagus Kahfi, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (24/5/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng
Magelang -

Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dicanangkan sebagai Kampung Bola. Pasalnya di desa ini ada dua pemain sepak bola kembar yang sudah pernah memperkuat Timnas Indonesia, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi.

Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Bagas Kaffa) dan Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (Bagus Kahfi) berasal dari Dusun Sindas, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang. Diketahui, Bagas Kaffa saat ini membela PS Barito Putera, sedangkan Bagus Kahfi baru saja pulang dari FC Utrecht, Belanda.

"Saya baru (pulang) kemarin sampai rumah. Bapak pesan kalau bisa pulang sebelum tanggal 24 Mei ikut acara peresmian. Kebetulan sudah selesai (di Utrecht), tapi yang jelas ambisi saya masih pengin di luar negeri. Insyaallah, saya nanti akhir bulan Juni, kalau nggak awal Juli saya berangkat lagi," kata Bagus Kahfi di sela-sela pencanangan Kampung Pancasila dan Kampung Bola, Selasa (24/5/2022).


Pencanangan Kampung Bola tersebut bersamaan dengan Kampung Pancasila yang dilakukan Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto dan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi. Khusus untuk pencanangan Kampung Bola tersebut ditandai dengan peresmian bola besar yang dilakukan Dandim.

"Di sini tadi juga diresmikan Kampung Bola. Kebetulan atlet internasionalnya putranya Pak Kades sendiri, Mas Bagas dan Mas Bagus. Itu menjadi motivasi bagi masyarakat Kabupaten Magelang pada umumnya dan masyarakat Secang pada khususnya untuk berprestasi yang di tingkat nasional dan juga internasional," kata Adi.

Sementara itu, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi mengaku, bangga terhadap Bagas dan Bagus. Di mana orang tuanya Kepala Desa Pancuranmas, Yuni Puji Istiono, yang mampu membina dan mendidik puteranya menjadi pemain bola profesional.

"Kami sangat bangga ke Mas Bagas dan Mas Bagus, apalagi orang tuanya beliau Bapak Kades yang mampu membina, mendidik putranya menjadi atlet internasional," kata Rohmadi.

"Kegiatan-kegiatan positif seperti ini ya harus kita sebar luaskan dan kembangkan sehingga wilayah kita menghasilkan atlet-atlet berprestasi nasional bahkan internasional," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, orang tua Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi, Yuni mengatakan keberadaan Kampung Bola diharapkan bisa memotivasi warganya untuk berprestasi di bidang olahraga.

"Kaitannya dengan Kampung Bola, memang kita mohon maaf kebetulan sekali anak saya, Bagas sama Bagus itu berprestasi bidang olahraga sepak bola. Kita harapkan bisa memberikan inspirasi pada warga Pancuranmas khususnya untuk bisa lebih berprestasi lagi dibandingkan dengan Bagas sama Bagus serta bisa memunculkan atlet-atlet tidak hanya di bidang cabang olahraga sepak bola, mungkin di bidang cabang olahraga lainnya," pungkasnya.



Simak Video "Wisata Negeri Kayangan Magelang Suguhkan Keindahan Kabut dan Gunung"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)