10 Obat Sakit Tenggorokan Alami, Temukan di Dapur Rumah Anda

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 14 Jul 2022 00:00 WIB
Turmeric powder and fresh turmeric on grunge dark background
Serbuk kunyit. Foto: Getty Images/iStockphoto/happy_lark
Solo -

Tak perlu panik ketika tenggorokan Anda terasa sakit, terutama saat menelan makanan atau minuman. Sebelum menebus obat-obatan di apotek, coba dulu obat sakit tenggorokan alami ini. Semua obat sakit tenggorokan alami ini bisa ditemukan di dapur rumah Anda.

Dilansir dari detikHealth pada Rabu (13/7/2022), berikut 10 obat sakit tenggorokan alami dari dapur rumah Anda.

1. Air Putih

Obat sakit tenggorokan alami yang pertama adalah air putih. Air putih dapat melarutkan lendir di dalam tenggorokan, meredakan nyeri, dan menjaga kelembapan rongga tenggorokan. Air putih hangat juga dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan.


2. Air Garam

Larutan air garam adalah obat sakit tenggorokan alami kedua. Larutkan garam secukupnya ke dalam segelas air untuk berkumur. Air garam dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Cukup berkumur saja, jangan ditelan.

3. Teh Lemon Madu

Obat sakit tenggorokan alami ketiga yaitu teh lemon madu. Silakan seduh teh dan tambahkan lemon serta madu. Selain dapat melenyapkan lendir di dalam tenggorokan, minuman teh lemon madu ini juga dapat meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh.

4. Susu Kunyit

Segelas susu hangat yang dicampur sejumput kunyit bubuk dikenal sebagai obat sakit tenggorokan alami yang mujarab. Sebab, kunyit mengandung zat alami yang dapat mengurangi peradangan sekaligus meredam sakit dan nyeri di tenggorokan. Ada pula yang memilih mengunyah kunyit mentah, tentu setelah dikupas dan dicuci bersih dulu.

5. Bawang Putih Mentah

Selain kunyit, bawang putih mentah juga terbilang manjur sebagai obat sakit tenggorokan alami. Silakan kupas satu siung bawang putih, cuci bersih, kemudian langsung dikunyah.

Bawang putih mengandung antibiotik yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Jangan lupa, siapkan pula tisu untuk menyeka air mata Anda selama mengunyah obat alami ini.

6. Pisang

Pisang adalah buah terbaik untuk obat sakit tenggorokan alami. Sebab, pisang mengandung kalium dan potasium yang baik untuk kesehatan. Pisang juga punya tekstur lembut sehingga mudah ditelan saat terjadi radang tenggorokan. Tapi jangan digoreng, karena minyaknya akan memperparah peradangan.

7. Sup Ayam

Kaldu ayam dalam sup mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan. Sup ayam juga ada menggunakan bumbu bawang putih yang mengandung antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan virus di tenggorokan.

8. Tumis Sayur

Tumis sayur merupakan menu terbaik selama Anda mengalami sakit tenggorokan. Dengan ditumis tidak terlalu lama, kandungan nutrisi dari sayuran akan tetap terjaga. Sayuran yang bisa ditumis meliputi wortel, buncis, kubis, kacang panjang, dan kentang.

9. Orak-arik Telur

Jangan digoreng, karena minyaknya bisa memperparah radang tenggorokan. Silakan telur dimasak jadi orak-arik yang lembut menggunakan mentega. Kandungan protein dari telur baik untuk kesehatan dan dapat membantu memulihkan radang tenggorokan.

10. Sop Jagung

Jika untuk menelan nasi terasa sakit, Anda bisa mengganti asupan karbohidrat dengan jagung. Haluskan jagung lalu campurkan dengan susu cair dan mentega. Tambahkan bumbu bawang putih, garam, dan merica. Lalu rebus hingga matang.

Selamat mencoba 10 obat sakit tenggorokan alami tanpa efek samping di atas. Semoga lekas sembuh.



Simak Video "China Kirim Jutaan Obat Herbal dan Kapsul Flu ke Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)