Banjir Lahar Hujan Merapi, BPBD Sleman Sebut Tak Bahayakan Warga

Banjir Lahar Hujan Merapi, BPBD Sleman Sebut Tak Bahayakan Warga

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Selasa, 29 Nov 2022 17:36 WIB
Erupsi Gunung Merapi Selasa (10/5/2022) pukul 17.33 WIB
Ilustrasi lahar hujan Gunung Merapi. Foto: dok. Twitter BPPTKG
Sleman -

Video banjir lahar hujan Gunung Merapi beredar di media sosial. Salah satunya diposting oleh akun instagram @merapi_uncover sore ini.

Dalam postingan tersebut, banjir lahar hujan terjadi di aliran Kali Gendol, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Bambang Kuntoro saat dimintai konfirmasi membenarkan adanya aliran lahar hujan di Kali Gendol. Menurutnya banjir lahar hujan terjadi sore ini.

"Infonya (banjir) sedikit. Memang (curah) hujan di atas 30 mm ini. Itu agak tinggi," kata Bambang saat dihubungi wartawan, Selasa (29/11/2022).

Menurut Bambang, aliran lahar hujan masih berlangsung hingga saat ini. Oleh karena itu dia belum bisa memastikan sampai mana lahar hujan tersebut. Akan tetapi, dari data sementara yang dia terima, kemungkinan aliran lahar hujan sudah melewati timur bunker Kaliadem yang berjarak hampir 5 kilometer dari puncak Merapi.

"Belum termonitor (aliran sampai mana). Bisa jadi lebih (jauh dari bunker), karena kalau bunker masih di atas. Sekarang kan masih berlanjut," terangnya.

Bambang menyebut banjir itu masih jauh dari permukiman warga, sehingga tidak membahayakan keselamatan warga. Dia juga memastikan tidak ada yang yang terjebak saat aliran lahar hujan turun dari lereng Merapi ke Kali Gendol.

"Info negatif (yang terjebak). Aman, masih belum sampai ke pemukiman warga," pungkasnya.




Simak Video "Gunung Semeru Masih Fluktuatif, Berstatus Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)