Melihat Lebih Dekat Gang Gendruwo di Kulon Progo yang Misterius

Melihat Lebih Dekat Gang Gendruwo di Kulon Progo yang Misterius

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 08 Nov 2022 18:54 WIB
Lokasi Gang Gendruwo, Temon Kulon, Temon, Kulon Progo, Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022).
Lokasi Gang Gendruwo, Temon Kulon, Temon, Kulon Progo, Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022). Foto: dok. Google Maps
Kulon Progo -

Serba-serbi kisah mistis seputar Gang Gendruwo di Kabupaten Kulon Progo memancing rasa penasaran sebagian orang untuk mengetahui lokasi persisnya. Kali ini detikJateng mencoba menelusuri lokasi Gang Gendruwo tersebut melalui Google Maps.

Secara administratif, Gang Gendruwo terletak di wilayah Dusun Kedungbanteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon, Kulon Progo.

Gang Gendruwo Kulon Progo berada di barat Kota Jogja, jaraknya sekitar 42 kilometer. Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, perjalanannya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.


Gang Gendruwo tak jauh dari kawasan bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Dari depan Bandara YIA, rute menuju Gang Gendruwo yaitu lewat jalan nasional Jogja-Purworejo sejauh 1 km ke arah timur hingga sampai di depan SMPN 1 Temon.

Tepat di timur SMPN 1 Temon, ada jalan desa ke utara, masuk saja sampai ke pertigaan Balai Kalurahan Temon Kulon. Tepat di tengah pertigaan ini, terdapat sebuah tugu setinggi 5 meter yang ujungnya berhiaskan patung Garuda.

Tugu Garuda di simpang tiga depan Balai Kalurahan Temon Kulon, Kulon Progo, 'pintu masuk' menuju Gang Gendruwo. Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022).Tugu Garuda di simpang tiga depan Balai Kalurahan Temon Kulon, Kulon Progo, 'pintu masuk' menuju Gang Gendruwo. Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022). Foto: dok. Google Maps

Pertigaan inilah yang menjadi 'pintu masuk' menuju Dusun Kedungbanteng. Adapun dari pertigaan itu, silakan ambil arah kanan atau ke timur melalui jalan beton.

Di jalan beton inilah kita bakal menemui Gang Gendruwo yang ditandai dengan satu papan penunjuk jalan berwarna biru.

Suasana di Gang Gendruwo, Temon, Kulon Progo, Minggu (6/11/2022).Suasana di Gang Gendruwo, Temon, Kulon Progo, Minggu (6/11/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng

Sayangnya, lokasi persis Gang Gendruwo belum terjangkau fasilitas street view dari Google Maps. Street view Google Maps yang terakhir diperbarui pada tahun 2019 itu hanya mengantarkan pandangan kita sampai pada Tugu Garuda di simpang tiga depan Balai Kalurahan Temon Kulon.

Adapun dilihat dari atas, satu rumah kosong milik Nur Widodo yang diceritakan banyak terjadi kisah mistis saat masih dihuni, hanya terlihat sebagian atapnya. Di Google Maps, rumah tersebut tampak dikelilingi rerimbunan pohon.

Lokasi Gang Gendruwo, Temon Kulon, Temon, Kulon Progo, Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022).Lokasi Gang Gendruwo, Temon Kulon, Temon, Kulon Progo, Diakses dari Google Maps pada Selasa (8/11/2022). Foto: dok. Google Maps

Meski demikian, setidaknya pengamatan lokasi Gang Gendruwo melalui Google Maps ini sedikit menjawab rasa penasaran sebagian orang mengenai lokasi persisnya Gang Gendruwo di Kulon Progo.



Simak Video "Menelusuri Gang Gendruwo di Kulon Progo yang Diselimuti Cerita Horor"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ams)