Kena Longsor, Akses Utama 2 Dusun di Kulon Progo Terputus Sejak Minggu

Kena Longsor, Akses Utama 2 Dusun di Kulon Progo Terputus Sejak Minggu

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Selasa, 04 Okt 2022 15:54 WIB
Kondisi jalur penghubung dua dusun di Kulon Progo yang tertutup material longsor, Selasa (4/10/2022).
Kondisi jalur penghubung dua dusun di Kulon Progo yang tertutup material longsor, Selasa (4/10/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Akses utama dua dusun di Kulon Progo terputus akibat longsor sejak Minggu (2/10). Upaya pembersihan terkendala tebalnya material longsor yang mencapai empat meter.

Dua dusun itu meliputi Dusun Pringtali dan Sumberejo, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo. Sudah dua hari terakhir dusun ini terilosir karena akses jalan utama menuju wilayah perkotaan tertutup material longsor.

Material ini berasal dari tebing setinggi 70 meter dengan lebar 50 meter. Sebelumnya tebing itu longsor saat hujan deras melanda wilayah Jatimulyo pada Minggu (2/10).


"Kebetulan saat itu hujan memang deras banget dengan durasi waktu yang cukup lama. Nah tiba-tiba tebing di sana ambruk, hingga menutup akses jalan utama bagi kami," ungkap salah satu warga, Suyanto, saat ditemui detikJateng di lokasi, Selasa (4/10/2022).

Suyanto mengatakan tertutupnya jalan utama ini membuat akses warga yang menuju SD Negeri Pringtali dan Pasar Ngasem terganggu. Mereka harus memutar sekitar 3 kilometer untuk dapat keluar ataupun masuk menuju dusun ini.

"Paling tidak harus muter 3 kilometer, itu yang paling deket," ujarnya.

Upaya pembersihan secara manual sudah dilakukan oleh warga. Namun karena material longsor yang terlalu tebal yakni mencapai 4 meter membuat proses pembersihan itu terhambat.

Diwawancara terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo, Budi Prastawa mengatakan upaya pembersihan kini sedang dilakukan oleh petugas BPBD dibantu TNI dan Polri. Untuk menyingkirkan material longsor yang tebal, BPBD turut menerjunkan alat berat.

"Pembersihan dilakukan mulai hari ini dengan alat berat, semoga dalam waktu cepat jalan utama warga bisa segera terbuka," ucapnya.

Kepada masyarakat, Budi mengimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. Hal ini mengingat cuaca ekstrm diprediksi masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan di Kulon Progo utamanya wilayah perbukitan.

"Untuk masyarakat harus hati-hati karena sekarang cuaca ekstrem dan sedang banyak bencana alam, khususnya tanah longsor. Jika hujan lebat dianjurkan untuk mengungsikan diri ke tempat yang lebih aman," pungkasnya.

Kondisi jalur penghubung dua dusun di Kulon Progo yang tertutup material longsor, Selasa (4/10/2022).Kondisi jalur penghubung dua dusun di Kulon Progo yang tertutup material longsor, Selasa (4/10/2022). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng


Simak Video "Bobol Konter Seluler di Kulon Progo, Pelaku Diburu Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)