Sedih, Bayi Perempuan Ditemukan di Pematang Sawah Sewon Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Kamis, 22 Sep 2022 19:22 WIB
Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di pematang sawah bulak Ngimbang RT 021, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (22/9/2022).
Bayi berjenis kelamin perempuan yang ditemukan di pematang sawah bulak Ngimbang RT 021, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (22/9/2022). Foto: dok. Polres Bantul
Bantul -

Warga Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, digegerkan dengan penemuan bayi di pematang sawah. Saat ini bayi berjenis kelamin perempuan tersebut sudah berada di rumah sakit dan polisi tengah mencari siapa pembuang bayi tersebut.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry menjelaskan penemuan bayi perempuan itu bermula saat warga bernama Kadiyo (70) tengah mencari rumput di bulak Ngimbang RT 021, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, sore tadi. Selanjutnya, Kadiyo mendapati bayi perempuan tergeletak di pematang sawah.

"Selanjutnya saksi memberitahu warga sekitar dan mengecek kondisi bayi tersebut. Ternyata bayi di dalam selimut warna biru kondisinya masih hidup," kata Jeffry kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).


Salah seorang warga kemudian menghubungi PMI Bantul dan berkoordinasi dengan polisi untuk membawa bayi tersebut ke Rumah Sakit Panembahan Senopati. Menurut Jeffry, saksi juga menemukan beberapa benda di dekat bayi tersebut.

"Selain bayi berjenis kelamin perempuan, ditemukan juga ari-ari di dalam kendil, popok dan kain jarik kotor. Saat ditemukan bayi dalam keadaan sehat," ujarnya.

Jeffry juga mengungkapkan hasil pemeriksaan dari dokter terhadap bayi malang tersebut. Diketahui bayi tersebut sudah lahir lebih dari 24 jam.

"Menurut keterangan petugas medis, bayi tersebut dilahirkan lebih dari 24 jam. Hal itu dilihat dari pusar bayi yang menghitam menandakan sudah kering, dari ari-ari yang di temukan di samping bayi sudah membusuk," ucapnya.

"Selain itu pada kaki bagian kanan bayi sudah ada bekas suntikan imunisasi. Bayi tersebut kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit," lanjut Jeffry.

Polisi menduga bayi tersebut sengaja dibuang orang tuanya. Untuk itu saat ini polisi tengah menelusuri siapa pembuang bayi tersebut.

"Tentunya kami juga melakukan pencarian orang tua bayi tersebut. Selain koordinasi dengan pihak desa, polisi berkomunikasi dengan bidan, puskesmas, hingga rumah sakit di Bantul," imbuhnya.



Simak Video "Aksi Keji Karyawan Pabrik Majalengka, Rendam Bayi di Tempat Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/apl)