Jas Almamater UGM Dibakar Saat Demo BBM, Ini Respons BEM KM

Jas Almamater UGM Dibakar Saat Demo BBM, Ini Respons BEM KM

Jauh Hari Wawan S - detikJateng
Kamis, 15 Sep 2022 21:59 WIB
Demo BBM di depan Istana Kepresidenan Jogja diwarnai aksi bakar jaket almamater UGM, Kamis (15/9/2022).
Demo BBM di depan Istana Kepresidenan Jogja diwarnai aksi bakar jaket almamater UGM, Kamis (15/9/2022). (Foto: Heri Susanto/detikJateng)
Jogja -

Gelombang demonstrasi terhadap kenaikan harga BBM masih terus terjadi di Jogja. Siang tadi dalam demonstrasi di Jalan Malioboro diwarnai aksi teatrikal membakar jas almamater UGM.

Ketua BEM KM UGM Muhammad Khalid mengatakan, BEM KM UGM terlibat dalam aksi demonstrasi di Malioboro. Namun, terkait aksi membakar jas almamater, ia belum mau berkomentar banyak.

"Kami dari BEM KM UGM juga terlibat dalam aksi tersebut dan mendukung poin-poin tuntutan yang diajukan. Terkait simbolik tersebut belum ada tanggapan, kami diskusikan terlebih dahulu," kata Khalid kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).


Khalid mengungkapkan, ia tidak mengetahui secara pasti soal aksi bakar jas almamater itu. Apakah hal itu spontanitas atau terencana.

Kendati demikian, dia menyebut hal itu merupakan salah satu ekspresi mahasiswa dalam menyuarakan protesnya.

"Spesifiknya saya tidak tahu persis spontan atau terencana, pada prinsipnya saya kira sah-sah saja sebagai bagian dari cara berekspresi sebagian tipikal mahasiswa seperti itu," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, demo massa Aliansi Rakyat Bergerak (Arak) di depan Istana Kepresidenan, Jalan Malioboro Jogja, diwarnai dengan aksi bakar jaket almamater UGM. Diketahui, massa demo menolak kenaikan harga BBM.

Para peserta aksi dari kampus UGM tersebut kecewa terhadap alumnus UGM yang saat ini mengisi posisi penting di pemerintahan. Sebut saja di antaranya ialah Presiden Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Salah satu orator yang mengaku mahasiswa UGM mengatakan, UGM adalah kampus kerakyatan. Namun, sebagian alumnus UGM sama sekali tidak berpihak kepada rakyat, terutama soal kenaikan harga BBM.

"Begitu pun dengan dosen-dosen UGM yang tidak bersikap atas kenaikan harga BBM ini," teriak orator itu di depan Gedung Agung Istana Kepresidenan Jogja, Kamis (15/9) sore.

Orator tersebut kemudian mengajak peserta aksi mahasiswa UGM melepas jaket almamater berwarna krem yang mereka kenakan. Adapun pembakaran jaket almamater UGM itu dilakukan di atas panggung.

Simak Video 'Mahasiswa UGM Bakar Jaket Almamater di Demo Kenaikan Harga BBM':

[Gambas:Video 20detik]



(aku/dil)