Berminat Ikut Upacara 17 Agustus di Tengah Laut Baron? Ini Syaratnya

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 15:53 WIB
Flyer ajakan kepada wisatawan untuk ikut dalam upacara bendera 17 Agustus di tengah laut kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, DIY.
Flyer ajakan kepada wisatawan untuk ikut dalam upacara bendera 17 Agustus di tengah laut kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, DIY. (Foto: dok. SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul)
Gunungkidul -

Tim SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul bakal menggelar upacara pengibaran bendera HUT ke-77 RI di tengah perairan kawasan Pantai Baron. Tim SAR memperbolehkan masyarakat ikut dengan catatan bisa berenang dan membawa pelampung sendiri.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Marjono menjelaskan upacara tersebut berlangsung tanggal 17 Agustus pukul 10.00 WIB.

"Jadi setelah dua tahun absen akhirnya tahun ini kami kembali bisa melaksanakan upacara HUT ke-77 RI di tengah laut Pantai Baron," kata Marjono saat dihubungi detikJateng, Rabu (10/8/2022).


Menurutnya, Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad akan menjadi inspektur upacara bendera yang berlangsung di tengah laut itu. Sedangkan pesertanya berasal dari seluruh perwakilan SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Teknis upacaranya itu, nanti ada 3 orang pasukan pengibar yang berenang, selanjutnya ada 17 orang di belakangnya, dan di belakangnya lagi 8 orang terus yang paling belakang menyusul 45 orang," ujarnya.

"Jadi upacaranya itu upacara seperti di lapangan, tapi pasukan pengibar benderanya berenang lalu mengibarkan bendera merah putih di tengah laut," lanjut Marjono.

Pihaknya membuka kesempatan bagi masyarakat yang hendak mengikuti upacara dengan lokasi unik tersebut. Nantinya masyarakat umum akan ikut dalam rombongan 45.

"Yang mau ikut monggo, nanti ikut yang 45 personel itu. Untuk syaratnya harus bisa renang dan harus bawa pelampung sendiri," ucapnya.

Marjono mengaku hingga hari ini sudah banyak orang yang menghubunginya untuk ikut berpartisipasi dalam upacara tersebut. Menurutnya paling banyak berasal dari komunitas di Jogja.

"Kebanyakan yang mendaftar itu dari komunitas di Yogyakarta," ujarnya.

Untuk memastikan keamanan peserta upacara, Marjono mengungkapkan akan ada puluhan kapal nelayan yang berjaga di lokasi upacara tempat sisi selatan Pantai Baron. Kapal-kapal tersebut nantinya juga dihias menggunakan bendera merah putih.

"Di selatan nanti untuk antisipasi kurang lebih 45 perahu nelayan siap membantu keamanan. Kapal mereka juga dihias pakai bendera merah putih," imbuhnya.



Simak Video "Momen Abu Bakar Ba'Asyir Ikut Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)