PPDB SMP Gunungkidul, 75 Sekolah Kekurangan Murid

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Minggu, 26 Jun 2022 19:19 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Gunungkidul -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut ada 75 SMP di wilayahnya yang kekurangan murid pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Minimnya pendaftar karena kuota untuk penerimaan SMP lebih banyak dari lulusan SD di Gunungkidul.

Kepala Bidang SMP Disdik Gunungkidul Tijan mengatakan, bahwa pengumuman untuk PPDB online tingkat SMP di Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan hari Jumat (24/6/2022). Dari data yang diperoleh Disdik ada puluhan sekolah kekurangan murid.

"Ada 75 SMP yang kekurangan murid di Gunungkidul," katanya daat dihubungi wartawan, Minggu (26/6/2022).


Rinciannya, kata Tijan, SMP yang mengikuti PPDB online baik swasta maupun negeri sejumlah 107 sekolah. Sedangkan yang memenuhi kuota hanya 32 sekolah.

"Dari 75 itu rinciannya 36 sekolah negeri dan 39 sekolah swasta. Jadi yang paling banyak kekurangan murid itu SMP swasta, kalau yang negeri kebanyakan hanya yang berada di pinggiran (Gunungkidul)," ucapnya.

Padahal, pihaknya juga membuka kelas khusus olahraga di beberapa sekolah. Antara lain seperti SMN N 1 Playen, SMP N 1 Saptosari, SMP N 1 Rongkop dan SMP N 1 Ngawen.

"Dan antusias siswa masuk lewat jalur ini (jalur olahraga) terhitung tinggi," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Disdik Gunungkidul Winarno menambahkan puluhan SMP yang kekurangan murid tersebut karena jumlah daya tampung tingkat SMP berbanding terbalik dengan jumlah lulusan SD di Gunungkidul.

"Daya tampung yang dimiliki sekolah (SMP) negeri dan swasta sebanyak 10.676 dan lulusan SD hanya 8.507 anak," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya membuka pendaftaran di luar PPDB untuk tingkat SMP. Pasalnya SMP di pinggiran Gunungkidul menerima murid dari perbatasan.

"Nanti kan biasanya dari luar daerah ada yang mendaftar di SD pinggiran Gunungkidul. Seperti Imogiri kan berbatasan dengan Gunungkidul dan Klaten berbatasan dengan Gedangsari juga," pungkas dia.



Simak Video "Duh... SDN di Kulon Progo Nggak Dapat Murid Baru di PPDB Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)