Round-Up

Fakta-fakta Seputar Terpilihnya Prof Ova Jadi Rektor di Kampus Biru

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 21 Mei 2022 07:16 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
Kampus UGM. Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Sleman -

Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada menggelar rapat pleno untuk memilih rektor baru pada Jumat (20/5/2022). Rektor baru itu akan menggantikan Prof Panut Mulyono yang masa jabatannya akan habis pada tahun ini.

Panut Mulyono menjabat sebagai Rektor UGM sejak 2017 lalu. Masa jabatannya habis pada 28 Mei ini.

Guru besar dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof Ova Emilia memenangi pemilihan itu. Dia akan dilantik sebagai rektor baru sehari sebelum habisnya masa jabatan rektor yang lama.


Berikut ini beberapa fakta seputar pemilihan Rektor UGM:

Ova Emilia Menang Telak

Terdapat tiga orang kandidat yang mengikuti pemilihan Rektor UGM. Mereka adalah Ova Emilia, Deendarlianto, dan Bambang Agus Kironoto.

Dalam pemilihan itu Ova meraih suara terbanyak. Dia berhasil mengumpulkan 21 suara. Sedangkan Deendarlianto dan Bambang Agus Kironoto masing-masing hanya berhasil mengumpulkan 3 dan 1 suara.

"Anggota MWA secara khusus melakukan pemilihan secara voting. Hasil seluruh proses voting telah ditentukan hasilnya pertama tertinggi melampaui 50 persen Prof Ova," kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Pratikno, Jumat (20/5/2022).

Ova Emilia Rektor Wanita Kedua di UGM

Melalui hasil tersebut, Ova akan segera dilantik sebagai rektor pada tahun ini. Namanya juga akan tercatat sebagai wanita kedua yang menduduki kursi rektor di universitas yang berjuluk kampus biru itu.

Sebelumnya, jabatan Rektor UGM juga pernah diduduki oleh seorang wanita, yaitu Prof Dwikorawati Karnawati. Dia menjadi rektor di periode 2014-2017, menggantikan Pratikno yang saat ini menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) di UGM.

Saat ini Dwikorawati menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Rektor Baru Akan Dilantik 27 Mei 2022

Sebagai pemenang pemilihan, Ova Emilia akan segera dilantik pada bulan ini. Dia akan menjalani pelantikan pada sehari sebelum habisnya masa jabatan rektor yang lama.

"Jabatan Prof Panut akan habis tanggal 28 Mei 2022, oleh sebab itu MWA akan segera melakukan pelantikan rektor terpilih menjadi rektor resmi pada 27 Mei 2022," kata Pratikno.

Pratikno yang juga merupakan Mensesneg itu berharap kepada rektor terpilih agar dapat membuat gebrakan di UGM. Dia juga menyarankan kepada Prof Ova agar membuat forum bersama dengan calon rektor lain yang kalah dalam pemilihan.



Simak Video "Prof Ova Terpilih Jadi Rektor UGM, Nadiem: Orang yang Sangat Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ahr)