Kejaksaan Terima 6 Boks Kontainer Plastik Berisi Barbuk Kasus Sambo Dkk

Tim detikNews - detikJateng
Selasa, 04 Okt 2022 18:44 WIB
Penyerahan barang bukti kasus Ferdy Sambo.
Penyerahan barang bukti kasus Ferdy Sambo. (Dok. istimewa)
Solo -

Penyidik kepolisian melimpahkan barang bukti kasus pembunuhan Brigadir J atau Yoshua Hutabarat ke kejaksaan. Barang bukti tersebut dikemas dalam 6 kontainer plastik.

"Adapun barang bukti yang dikemas/disimpan/diserahkan sebanyak 6 box plastik untuk diverifikasi sebagaimana yang tertera dalam daftar barang bukti dalam berkas perkara ini," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dikutip dari detikNews, Selasa (4/10/2022).

Pelimpahan tahap dua yang dilakukan pada hari ini adalah penyerahan barang bukti secara fisik. Sedangkan penyerahan secara administrasi baru akan dilakukan besok. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengecekan dan verifikasi barang bukti yang jumlahnya cukup banyak.


"Pengecekan dilakukan untuk memudahkan Tim JPU pada saat menerima pelimpahan Tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari Penyidik Bareskrim Polri yang direncanakan pada Rabu 05 Oktober 2022 dan nantinya akan digunakan sebagai barang bukti untuk pembuktian oleh Tim JPU pada saat persidangan," katanya.

Pengecekan barang bukti dilaksanakan terkait dengan Tersangka FS, Tersangka REPL, Tersangka RRW, Tersangka KM, dan Tersangka PC (primair Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan subsidair Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Tanpa Rencana) dan dalam tindak pidana obstruction of justice dengan Tersangka FS, Tersangka BW, Tersangka ARA, Tersangka CP, Tersangka HK, Tersangka AN, dan Tersangka IW.

Diberitakan sebelumnya, polisi telah mengusut dua kasus sekaligus dalam dugaan pembunuhan Brigadir J. Selain mengusut kasus pembunuhannya, polisi juga mengusut kasus perusakan barang bukti dan upaya menghalangi penyidikan.

Adapun Ferdi Sambo alias FS menjadi tersangka dalam dua kasus itu sekaligus.



Simak Video "Eks Hakim Agung Khawatir Konstruksi Penyidik Kasus Brigadir Yosua Bias"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)