Modus Karcis Hilang, Pria di Kudus Ini Gasak Motor di Parkiran RS

Modus Karcis Hilang, Pria di Kudus Ini Gasak Motor di Parkiran RS

Dian Untoro Aji - detikJateng
Senin, 26 Sep 2022 14:37 WIB
Pers rilis hasil operasi Sikat Jaran Candi 2022 di Mapolres Pati, Senin (26/9/2022).
Pers rilis hasil operasi Sikat Jaran Candi 2022 di Mapolres Pati, Senin (26/9/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng.
Kudus -

Polres Kudus, Jawa Tengah mengungkap empat kasus tindak pidana pencurian dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2022 ini. Satu pelaku pencurian yang diamankan menggunakan modus baru.

"Ada satu modus yang memang baru, yang mana terjadi di salah satu rumah sakit di Mardi Rahayu," jelas Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama saat pers rilis di Mapolres Pati, Senin (26/9/2022).

Wiraga menjelaskan pencurian yang terjadi di salah satu rumah sakit tersebut modusnya cukup baru. Yakni pelaku berinisial I mengincar motor yang terparkir dan mengelabui petugas dengan berpura-pura kehilangan karcis parkir.


"Jadi pelaku ini melaksanakan aksinya dengan cara melakukan parkir kemudian melaporkan ke bagian tiket parkir bahwa karcis hilang, kemudian membawa masuk kendaraan dan membawa hasil pencurian tadi keluar dengan tiket yang digunakan," ungkapnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Danang Sri Wiratno menambahkan, pelaku pencurian tersebut diamankan di ruang tahanan Mapolres Kudus. Mereka terancam pasal 363 dengan hukuman paling lama tujuh tahun.

"Untuk awalnya pelaku datang menggunakan sepeda motor sendiri dan dapat tiket, akhirnya kembali keluar memarkirkan sepeda motor di luar, dia masuk dengan berjalan kaki, dia keluar dengan menggunakan tiket pas tadi pertama," kata Danang ditemui di lokasi siang tadi.

"Pasal 363 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," pungkas dia.

Kapolres menjelaskan dalam Operasi Sikat Jaran Candi mengungkap empat kasus pencurian. Barang bukti yang diamankan berupa sepeda motor dan alat yang digunakan untuk mencuri.

"Berhasil mengungkap kasus ada empat, untuk tersangka ketiga dengan barang bukti empat sepeda motor. Ada tersangka yang LP-nya dua," ujarnya.



Simak Video "Dukun Diperiksa Jadi Saksi Kasus Mutilasi PNS Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/aku)