Germo Prostitusi Online di Purbalingga Ditangkap, Ini Modusnya

Germo Prostitusi Online di Purbalingga Ditangkap, Ini Modusnya

Vandi Romadhon - detikJateng
Selasa, 06 Sep 2022 19:39 WIB
Rilis kasus prostitusi online di Polres Purbalingga, Selasa (6/9/2022).
Rilis kasus prostitusi online di Polres Purbalingga, Selasa (6/9/2022). Foto: Vandi Romadhon/detikJateng
Purbalingga -

Seorang pemuda berinisial RC (21) warga Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, ditangkap Polres Purbalingga karena menjalankan praktik prostitusi online. Menggunakan akun palsu dalam aplikasi MiChat yang dibuatnya, pelaku dapat memperdayai korbannya.

"Modus yang dilakukan pelaku membuat akun palsu dengan nama 'NIKEN', kemudian pelaku menawarkan layanan prostitusi online kepada para pengguna," kata Kasat Reskrim Polres Purbalingga AKP Edi Sukamto Nyoto di Mapolres Purbalingga, Selasa (6/9/2022).

Setelah korban terperdaya dan membayarkan uangnya kepada RC via transfer, RC kemudian meminta perempuan berinisial IL (27) untuk melayani para korbannya.


"Hasil uang yang didapatkan (RC) ditransfer sebagian kepada IL melalui transfer antar bank," ujar Edi.

Edi menjelaskan, keuntungan yang didapatkan oleh pelaku dari praktiknya sejak Januari hingga Agustus 2022 mencapai Rp 7 juta. Menurut Edi, pelaku berperan sebagai germo yang mendapatkan sebagian hasil dari para korbannya.

"Pelaku ini perannya menawarkan, untuk lokasi praktiknya di salah satu kos di Kecamatan Kalimanah, Purbalingga," terangnya

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari praktik kejahatan itu. Diantaranya dua buah handphone, satu bendel screnshoot percakapan, alat kontrasepsi, dan bukti transfer serta print out rekening pelaku.

"Tersangka diancam dengan pasal 45 ayat 1 Jo pasal 27 ayat 1 UU No 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun," tutur Edi.



Simak Video "5 Wanita Diduga PSK Online Digerebek Satpol PP Kota Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)